soal TPS UTBK PEMAHAMAN BACAAN DAN MENULIS - fisika fsm blog pembahasan soal

soal TPS UTBK PEMAHAMAN BACAAN DAN MENULIS

SUB TES TPS UTBK : PEMAHAMAN BACAAN DAN MENULIS

 

Bacaan untuk soal nomor 1 sd 3

Dengan produksi rata-rata 2,5 juta ton beras per tahun, telah menempatkan Sulawesi Selatan sebagai daerah penyangga pangan nasional terbesar kedua setelah Jawa Timur. Areal pertanian yang dimiliki provinsi ini cukup besar, yaitu mencapai 1.411.446 ha, yang terbagi dalam lahan persawahan seluas 550.127 ha, dan lahan kering seluas 861.819 ha. Jumlah areal yang cukup besar tersebut, jika dikelola maksimal, sangat berpotensi menunjang ketahanan pangan nasional. Penanaman padi di areal sawah tadah hujan sering kali gagal panen karena kekurangan air, baik untuk pengolahan tanah maupun untuk pertumbuhan tanaman. Petani pada umumnya menunggu sekitar dua bulan sejak turunnya hujan untuk melakukan pengolahan tanah, karena pada waktu tersebut air sudah menggenangi sawah.

Kodam VII Wirabuana telah turut berupaya mencari solusi alternatif terbaik dalam mengatasi kendala pengairan lahan tersebut. Ada beberapa jalan keluar yang ditawarkan dan dilaksanakan, yakni sebagai berikut, pertama, melalui pemberdayaan teknologi Pompa Air Tanpa Motor (PATM). Dengan menggunakan teknologi ini, sawah tadah hujan dan lahan padi yang terletak di ketinggian dan lahan-lahan yang letaknya jauh dari sumber air sungai atau danau bisa dioptimalkan pada musim kemarau. Kedua, pemberdayaan bibit unggul. Kodam VII/Wirabuana telah berkoordinasi dengan banyak pihak di antaranya Dinas Pertanian, para kelompok tani dan perbankan, guna menyediakan bibit unggulan yang cocok bagi masing-masing wilayah di Sulawasi Selatan. Salah satu bibit dan varietas tanaman padi yang telah dikembangkan di Sulawesi adalah varietas tanaman padi jenis Hibrida.

Ketiga, pengadaan pupuk. Untuk membantu para petani mendapatkan pupuk yang memadai dan ideal, Kodam VII/Wirabuana berupaya agar distribusi pupuk ke daerah tidak terjadi hambatan. Hal ini dilakukan melalui koordinasi dan kerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertanian serta perbankan.

Keempat, pola tanam. Selama ini, para petani di Sulawesi Selatan lebih banyak menggunakan pola tanam tradisional. Akibatnya, hasilnya kurang optimal. Padahal idealnya, lahan seluas 1 ha bisa menghasilkan 10 ton. Namun hal ini belum pernah tercapai.

(Disadur dari www.fajar.co.id)

 

1.     Pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan di atas adalah .....

(A)   PATM akan digunakan untuk sawah tadah hujan

(B)   Sulawesi Selatan merupakan daerah yang memiliki areal pertanian yang paling luas

(C)   petani di Sulawesi Selatan sudah menanam bibit jenis hibrida

(D)  Kodam VII/Wirabuana akan berkoordinasi dan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pertanian serta perbankan untuk menyediakan bibit unggul.

(E)   Optimalnya hasil pertanian di Sulawesi Selatan memang dipicu oleh kebiasaan para petani di sana menggunakan pola tanam tradisional

 

2.     Yang menjadi kendala utama pertanian di Sulawesi Selatan adalah .....

(A)   kurangnya lahan untuk pertanian sawah tadah hujan

(B)   pola tanam yang masih tradisional

(C)   sistem pengairan yang kurang baik

(D)  kurangnya perhatian pemerintah pada sektor pertanian

(E)   perhatian pemerintah terfokus pada kekurangan lahan

 

3.     Hal yang mendukung pertanian di Sulawesi Selatan adalah ....

(A)   tersedianya lahan persawahan dan lahan kering

(B)   areal pertanian yang cukup luas.

(C)   tersedianya bibit unggul

(D)  koordinasi yang cukup baik antara pihak yang berkepentingan untuk mening-katkan produksi pertanian

 

Bacaan untuk soal nomor 54 sd 56

Istilah disleksia berasal dari bahasa Yunani, yakni “dys” yang berarti “sulit dalam” dan lex (berasal dari legein, yang artinya “berbicara”). Jadi, menderita disleksia berarti menderita kesulitan yang berhubungan dengan kata atau simbol-simbol tulis. Walau tidak menjalani pengobatan khusus, seorang penderita disleksia tidak akan selamanya menderita gangguan membaca dan menulis. Ketika pertumbuhan otak dan sel otaknya sudah sempurna, ia akan dapat mengatasinya.

Seseorang yang menderita disleksia mengalami kesulitan dalam belajar membaca. Kelainan ini mungkin disebabkan oleh ketidakmampuan dalam menghubungkan antara lisan dan tertulis, atau kesulitan mengenal hubungan antara suara dan kata tertulis. Anak yang belum diketahui menderita disleksia, dapat merasa rendah diri karena kesulitan yang dialami dalam mengejar pelajaran dengan kawan-kawan sebaya. Kadang-kadang orang salah menduga bahwa anak yang menderita disleksia juga cacat jiwa.

Kalau seorang anak ditemui mulai punya kebiasaan membaca terlalu cepat hingga salah mengucapkan kata atau bahkan terlalu lambat dan terputus, maka itu adalah gejala disleksia. Sampai sekarang masih belum diketahui secara pasti apa penyebabnya gangguan ini. Yang jelas sebagian besar neurolog berpendapat ini merupakan faktor saraf atau otak, sama sekali bukan karena anak itu bodoh atau bahkan idiot seperti mayoritas pendapat orang. Yang unik, sebagian besar penderita disleksia adalah kaum lelaki. Dr. Michael Rutter dari King’s College, London, membuktikan bahwa jumlah murid lelaki di sekolah yang menderita disleksia setidaknya dua kali jumlah murid perempuan. Rutter dan rekan telah menganalisa lebih dari 10.000 anakanak di Selandia Baru yang diikutkan dalam uji membaca standar. Usia anak-anak itu berkisar antara 7-15 tahun. Disleksia ditemukan pada 18 hingga 22 persen murid lelaki. Sedangkan pada murid perempuan hanya sekitar 8 – 13 persen saja.

Masih perlu dilakukan riset lanjutan untuk mengetahui penyebabnya. Namun berdasar diagnosis, gangguan kemampuan membaca pada anak lelaki disebabkan oleh kecenderungan mereka untuk bertingkah aneh-aneh dalam kelas ketika merasa frustasi pada pelajaran. Tapi kesimpulan tersebut ditepis oleh Sheldon Horowitz, direktur National Center for Learning Disabilities, menurutnya anak lelaki sesungguhnya tidak cenderung menderita disleksia.

(Disadur dari www.sinarharapan.co.id)

 

4.     Pernyataan yang sesuai dengan bacaan di atas adalah ....

(A)   penderita disleksia juga diidentifikasi mengalami cacat jiwa

(B)   sebagian besar anak laki-laki di Selandia Baru menderita disleksia

(C)   disleksia lebih disebabkan oleh faktor saraf dan otak

(D)  disleksia menyebabkan anak-anak frustasi dalam pelajaran

(E)   disleksia merupakan kecenderungan anak-anak di masyarakat suburban

 

5.     Pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan di atas adalah ....

(A)   penderita disleksia dapat sembuh

(B)   anak laki-laki tidak cenderung menderita disleksia

(C)   kasus disleksia pada murid laki-laki di Selandia Baru mencapai 18 – 22 persen

(D)  gangguan kemampuan membaca pada anak laki-laki mengakibatkan mereka frustasi

(E)   penderita disleksia tidak bisa diidentifikasi sebagai penderita dengan cacat jiwa

 

6.     Yang dimaksud dengan disleksia menurut bacaan di atas adalah ....

(A)   kebiasaan membaca yang terlalu cepat

(B)   kesulitan mengenali simbol dan huruf

(C)   kecenderungan bertingkah aneh di dalam kelas

(D)  ketidakmampuan menyeimbangkan kemampuan auditori

(E)   ketidakmampuan dalam menghubung-kan antara lisan dan tertulis

 

Bacaan untuk soal nomor 57 sd 59

Menurut survey nielsen Consumer & Media View (CMV) kuartal III 2017 yang dilakukan di 11 kota dan mewancara 17.000 responden, saat ini media cetak (termasuk koran, majalah dan tabloid) memiliki penetrasi sebesar 8 persen dan dibaca oleh 4,5 juta orang. Dari jumlah tersebut, 83 persennya membaca koran. Televisi masih merajai dengan penetrasi 96 persen atau dilihat 52,8 juta orang sementara radio 37 persen atau 11,9 juta orang. Alasan utama para pembaca masih memilih koran adalah karena nilai beritanya yang dapat dipercaya. “ Elemen trust terhadap konten tertentu berpengaruh terhadap iklan yang ada didalamnya. Sehingga  keadaan  koran sebagai media beriklan sangat penting untuk produk yang mengutamakan unsur trust misalnya produk perbankan dan asuransi. Sedangkan untuk tabloid atau majalah lebih kepada kisah nyata yang diulas. Jika dilihat dari profil pembaca , media cetak di Indonesia cenderung  dikonsumsi  oleh konsumen dari rentang usia 20-49 tahun (74 persen), memiliki pekerjaan sebagai karyawan (32 persen) dan mayoritas pembacanya berasal dari kelas atas (54 persen). Ini menunjukkan bahwa pembaca media cetak masih produktif dan dari kalangan yang mapan. Pembaca media cetak juga merupakan pembuat keputusan dalam rumah tangga untuk memebeli sebuah produk (36 persen). Mengkonsumsi isi buku adalah salah satu hobi dari konsumen media cetak. Selain membaca , mereka juga lebih cenderung menyukai travelling. Sebanyak tiga dari empat pembaca media cetak mengaku tidak  keberatan  saat melihat iklan karena iklan adalah salah satu cara untuk mengetahui produk baru.

 

7.     Pemakaian kata berimbuhan yang tidak sesuai dalam bacaan tersebut terdapat pada kata ... .

(A)   dikonsumsi

(B)   keadaan

(C)   mangaku

(D)  merajai

(E)   perbankan

 

8.     Proses afikasi yang TIDAK sesuai dengan kaidah tata bahasa dalam bacaan tersebut terdapat pada kata ... .

(A)   Memawancara

(B)   Perbankan

(C)   Dikonsumsi

(D)  Produktif

(E)   Keberatan

 

9.     Sebanyak tiga dari empat pembaca media cetak mengaku tidak  keberatan  saat melihat iklan karena iklan adalah salah satu cara untuk mengetahui produk baru.

Bentuk konfiks ke-an pada kata keberatan terdapat juga pada kalimat, kecuali...

(A)   Kita mengakui keberadaan teknologi saat ini sangat penting.

(B)   Kemauan berkembang menjadi modal utama perusahaan itu.

(C)   Kita tidak meragukan kemampuan anak bangsa bersaing di dunia internasional.

(D)  Keadaan rumah sakit di daerah itu sangat memprihatinkan.

(E)   Para demonstran masih bersemangat walau kepanasan di tengah lapangan.

 

Bacaan untuk soal nomor 60 sd 63

        1Selama kurun waktu 10 tahun terakhir, kondisi inflasi Indonesia belum stabil. 2Kehidupan [...] tidak lepas dari inflasi yang terlihat dari naiknya harga barang-barang kebutuhan pokok dari tahun ke tahun. 3Definisi konsep nilai waktu uang adalah jumalah [...] yang sama hari ini lebih bermakna daripada esok. 4Artinya, inflasi dapat mengurangi daya beli uang yang kita miliki sekarang karena menumbuhkan harga terus-menerus. 5Akibatnya pendapatan [...] menurun sehingga banyak masyarakat semakin susah memenuhi kebutuhan sehari-harinya. 6Oleh karena itu, investasi diperlukan untuk melindungi nilai aset atau dana, sehingga dapat digunakan sebagai persiapan kebutuhan dimasa depan.

(Diadaptasi dari : #Yuk Belajar Saham untuk Pemula, Investor saham Pemula)

 

10.  Judul yang PALING TEPAT untuk melengkapi tulisan di atas adalah ....

(A)   Daya Beli Uang

(B)   Konsep Nilai Waktu Uang

(C)   Inflasi menggerogoti Nilai Uang

(D)  Kehidupan Perekonomian Indonesia

(E)   Inflasi Meningkatkan Daya Beli Uang

 

11.  Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat 2 adalah ... .

(A)   berekonomi

(B)   keekonomian

(C)   perekonomian

(D)  pengekonomian

(E)   mengekonomikan

 

12.  Kata yang PALING TEPAT untuk melengkapi titik-titik pada kalimat 3 adalah ... .

(A)   Kas

(B)   Prive

(C)   Utang

(D)  Modal

(E)   Piutang

 

13.  Kata yang PALING TEPAT untuk melengkapi titik-titik pada no 5 adalah ... .

(A)   Riil

(B)   Real

(C)   Mikro

(D)  Makro

(E)   Hari-hari

 

Bacaan untuk soal nomor 64 sd 65

Nilai tukar rupiah berada di posisi Rp15.192 per dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pasar spot sore ini, Selasa (23/10/2018). Posisi ini melemah tipis 4 poin atau 0,03 persen dari kemarin sore, Rp15.188 per dolar AS. Sementara kurs referensi Bank Indonesia (BI), Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah di posisi Rp15.208 per dolar AS atau melemah dari kemarin di Rp15.192 per dolar AS.

Meski melemah, kurs rupiah rupanya bukan yang terburuk di kawasan Asia. Mayoritas mata uang Asia memang bersandar di zona merah, seperti won Korea Selatan yang melemah hingga 0,78 persen. Baht Thailand minus 0,14 persen, ringgit Malaysia minus 0,12 persen, peso Filipina minus 0,06 persen, dan rupee India minus 0,01 persen. Namun, dolar Hong Kong stagnan. Sedangkan dolar Singapura menguat 0,11 prsen, renminbi China 0,15 persen, dan yen Jepang 0,59 persen. Begitu pula dengan mata uang utama negara maju, beberapa di antaranya menguat, seperti poundsterling Inggris menguat 0,22 persen, franc Swiss 0,16 persen, dan euro Eropa 0,05 persen.

Namun, sebagian lainnya melemah, seperti rubel Rusia minus 0,17 persen, dolar Kanada minus 0,03 peren, dan dolar Australia minus 0,02 persen.

Kedaulatan Rakyat  Jogja, 23 Oktober 2018

 

14.  Pernyataan berikut yang sesuai berdasarkan bacaan tersebut adalah ...

(A)  Paragraf pertama menyatakan akibat, paragraf kedua menyatakan sebab.

(B)  Paragraf 1 dikembangkan dengan cara induktif, paragraf 2 dikembangkan dengan cara deduktif

(C)  Paragraf 1 menyatakan perbandingan, paragraf 2 menyatakan klasifikasi

(D)  Paragraf 1 berisi inti pembicaraan, paragraf 2 penjelasan paragraf 1

(E)   Paragraf 1 menyatakan perbandingan, paragraf 2 menyatakan analogi.

 

15.  Simpulan yang tepat dari informasi bacaan tersebut adalah ...

(A)  Nilai rupiah terhadap dolar AS selalu dipengaruhi oleh nilai mata uang negara-negara lain.

(B)  Nilai rupiah menurun terhadap nilai dolar AS diikuti semua negara di kawasan Asia.

(C)  Nilai rupiah terhadap nilai mata uang dolar AS.

(D)  Nilai rupiah menurun terhadap dolar AS yang diikuti sebagian besar nilai mata uang negara wilayah Asia, sementara beberapa negara maju mengalami penguatan nilai mata uang.

(E)   Nilai rupiah terhadap nilai mata uang dolar AS, melemah tipis 4 poin atau 0,03 persen dari kemarin sore, Rp15.188 per dolar AS, sementara Won Korea Selatan yang melemah hingga 0,78 persen. Baht Thailand minus 0,14 persen, ringgit Malaysia minus 0,12 persen, peso Filipina minus 0,06 persen, dan rupee India minus 0,01 persen.

 

Bacaan untuk soal nomor 66 sd 70

Salah satu [1comic] terkenal di Indonesia adalah Raditya Dika. Menurut Wikipedia, Raditya Dika (Dika Angkasaputra Moerwani) lahir di Jakarta, 28 Desember 1984, akrab dipanggil Radith, adalah seorang penulis asal Indonesia. Di Indonesia, Raditya Dika dikenal sebagai penulis buku-buku jenaka. Tulisan-tulisan itu berasal dari blog pribadinya yang kemudian dibukukan. Buku pertamanya berjudul [2Kambing Jantan] masuk kategori best seller. Buku tersebut menampilkan kehidupan Dikung [3(Raditya Dika)] saat kuliah di Australia. Tulisan Radith bisa digolongkan sebagai [4genre] baru. Acara TV yang dia bawakan adalah sebagai host dalam Comic Action di Kompas TV, sebagai Miko dalam [5“malam minggu miko”] di Kompas TV, dan sebagai juri stand up comedy di Kompas TV.

 

Sumber bacaan : Lubis.  2017.  Kemerdekaan Gaya Bahasa Raditya Dika dalam Stand Up Comedy. Jurnal Education and development STKIP Tapanuli Selatan, 4 (3), hlm. 26-32.

 

16.  Kata atau kaidah penulisan yang harus diperbaiki dalam teks di atas agar sesuai dengan PUEBI adalah....

A.     TIDAK PERLU DIPERBAIKI

B.     Mencetak miring kata “Wikipedia”

C.     Mencetak miring kata “blog” karena tidak terdapat dalam KBBI

D.    Mengubah kata “masuk” menjadi “termasuk” agar artinya sesuai denga konteks kalimat

E.     Mengganti huruf kapital pada setiap kata pada stand up comedy pada kalimat terakhir menjadi Stand Up Comedy

 

17.  Pertimbangkan apakah kata bernomor (1) perlu diperbaiki atau tidak....

A.     TIDAK PERLU DIPERBAIKI

B.     Comic

C.     comic

D.    ‘comic’

E.     “comic”

 

18.  Pertimbangkan apakah frasa bernomor (2) perlu diperbaiki atau tidak....

A.     TIDAK PERLU DIPERBAIKI

B.     “Kambing Jantan”

C.     ‘Kambing Jantan’

D.    Kambing Jantan

E.     Kambing Jantan

 

19.  Pertimbangkan apakah frasa bernomor (3) perlu diperbaiki atau tidak....

A.     TIDAK PERLU DIPERBAIKI

B.     [Raditya Dika]

C.     “Raditya Dika”

D.    ‘Raditya Dika’

E.     Raditya Dika

 

20.  Pertimbangkan apakah kata bernomor (4) perlu diperbaiki atau tidak....

A.     TIDAK PERLU DIPERBAIKI

B.     Genre

C.     genre

D.    genre

E.     “genre”

  

0 Comments