Soal Asli Penilaian Kuantitatif PK UTBK SNBT 2025

PK 23 APRIL SESI 1

PK - Penilaian Kuantitatif 23 APRIL SESI 1

berikut soal asli penalaran kuantitatif pk utbk snbt tahun 2025 yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 april sesi pagi

1. Jika \(4 \div \frac{1}{2} = \sqrt{t}\), nilai \(\mathbf{t}\) sama dengan...

2. Titik \(T(2,17)\) terletak pada grafik fungsi \(f(x) = x^{2} - rx + 33\). Nilai \(\mathbf{r}\) sama dengan...

3. Sembilan bilangan, yaitu \(2,4,8,3,6,5,7,8,4,\) diurutkan dari yang terbesar hingga terkecil. Jika u dan t berturut-turut merepresentasikan bilangan pada posisi ke-3 dan ke-8 setelah diurutkan, nilai \((2 \times u) - t\) sama dengan...

A. 14

B. 13

C. 12

D. 11

E. 10

4.

[Gambar bangun datar dengan persegi]

Banyaknya persegi pada bangun datar di atas adalah...

A. 8

B. 10

C. 12

D. 14

E. 20

5. Untuk setiap bilang bulat \(\mathbf{x}\) didedifinisikan

\[ \left\{ x \right\} = \left\{ \begin{array}{r} \frac{x + 3}{x - 2},\ \ jika\ x\ ganjil; \\ \frac{x^{2} + 2}{2},\ jika\ x\ genap\ tak\ negatif; \\ 2x^{2} + 1,\ jika\ x\ genap\ negatif. \end{array} \right.\ \]

Nilai \(\left\lceil 1 - \left\lceil \left. \ \left. \ 2 \right\rangle \right\rangle \right.\ \right.\ \) sama dengan...

A. \(-7\)

B. \(3\)

C. \(4\)

D. \(8\)

E. \(9\)

TEKS 1

Grafik fungsi \(f(x) = 2x^{2} - x - 1\) dan \(g(x) = x^{2} - 3x + 7\) berpotongan di dua titik berbeda, yaitu \(K(a,b)\) dan \(L(c,d)\). Garis \(m\) melalui kedua titik tersebut.

6. Jika \(b > d,\) nilai \(a\) sama dengan...

A. \(-4\)

B. \(-2\)

C. \(0\)

D. \(2\)

E. \(4\)

7. Gradien garis \(m\) sama dengan...

A. \(-5\)

B. \(-\frac{1}{5}\)

C. \(1\)

D. \(\frac{1}{5}\)

E. \(5\)

8. Jika garis \(y = px + q\) tegal lurus paga garis \(m\) dan melalui titik \((1,1),\) nilai \(p + q\) sama dengan...

A. \(-5\)

B. \(-1\)

C. \(-\frac{3}{5}\)

D. \(\frac{3}{5}\)

E. \(1\)

TEKS 2

Suatu limas dengan volume 30 memiliki alas berupa daerah segitiga \(KLM\). Koordinat titik-titik sudut segitiga tersebut disajikan pada gambar berikut.

[Gambar koordinat segitiga KLM]

9. Jarak antara titik M dan \(\overline{KL}\) sama dengan...

A. \(\sqrt{41}\)

B. \(6\)

C. \(\sqrt{29}\)

D. \(5\)

E. \(3\)

10. Luas daerah segitiga \(KLM\) sama dengan...

A. \(9\)

B. \(15\)

C. \(3\sqrt{29}\)

D. \(18\)

E. \(3\sqrt{41}\)

11. Tinggi limas tersebut sama dengan...

A. \(2\)

B. \(\frac{30}{41}\sqrt{41}\)

C. \(\frac{30}{29}\sqrt{29}\)

D. \(6\)

E. \(10\)

12. Diantara pilihan berikut yang merupakan factor persekutuan dari \((49^{2} + 49)\) dan \(\left( 12^{2} - 2^{2} \right)\) adalah...

(1) 10

(2) 14

(3) 35

(4) 50

A. (1), (2), dan (3) SAJA

B. (1) dan (3) SAJA

C. (2) dan (4) SAJA

D. (4) SAJA

E. SEMUA PILIHAN

13. Fungsi \(f\) dengan variabel real \(x\) memenuhi

\[3^{x - 1} < f(x) < 3x^{2} + 1\ \text{untuk}\ x \leq 4.\]

Diantara pilihan berikut, nilai \(f\) di \(x = 3\ \)yang TIDAK MUNGKIN adalah...

(1) 7

(2) 12

(3) 9

(4) 24

A. (1), (2), dan (3) SAJA

B. (1) dan (3) SAJA

C. (2) dan (4) SAJA

D. (4) SAJA

E. SEMUA PILIHAN

14. Jika \(0{^\circ} < \alpha < 90{^\circ}\) dan \(\cos(\alpha) = \frac{3}{4},\) diantara pilihan berikut, yang benar adalah...

(1) \(\sin(\alpha) = \frac{4}{\sqrt{7}}\)

(2) \(\tan(90{^\circ} - \alpha) = \frac{3}{\sqrt{7}}\)

(3) \(\cos(\alpha) < \sin(\alpha)\)

(4) \(\tan(\alpha) = \frac{\sqrt{7}}{3}\)

A. (1), (2), dan (3) SAJA

B. (1) dan (3) SAJA

C. (2) dan (4) SAJA

D. (4) SAJA

E. SEMUA PILIHAN

15. Segitiga \(ABC\) merupakan segitiga sama sisi dengan panjang sisi 4. Daerah segitiga \(ABC\) memiliki luas \(L_{1}.\) Titik \(D\) merupakan titik Tengah sisi \(\overline{AB}\) dan titik E berada di ruas garis \(\overline{CD}\) sehingga luas daerah segitiga \(ABE\) adalah \(L_{2}.\)

Berdasarkan informasi yang diberikan, manakah hubungan antara kuantitas \(P\) dan \(Q\) berikut yang benar?

\(\mathbf{P}\) \(\mathbf{Q}\)
\(\frac{L_{2}}{L_{1}}\) \(\frac{1}{3}\)

A. Kuantitas \(P\) lebih dari \(Q\)

B. Kuantitas \(P\) kurang dari \(Q\)

C. Kuantitas \(P\) sama dengan \(Q\)

D. Tidak dapat ditentukan hubungan antara kuantitas \(P\) dan \(Q\)

16. Untuk setiap bilangan bulat \(x,y,b,c,t,\) dan \(u\) didefinisikan

\[ \left( \left\lbrack \left. \ \left. \ \begin{matrix} x & t & b \\ & y & \\ u & c & \end{matrix} \right\rangle \right\rangle = ((u \times c \times x) - (t \times u) - u) \times (b - y) \right.\ \right.\ \]

Diketahui \(a\) merupakan bilangan prima.

Berdasarkan informasi yang diberikan, manakah hubungan antara kuantitas \(P\) dan \(Q\) berikut yang benar?

\(\mathbf{P}\) \(\mathbf{Q}\)
\(\left( \left\lbrack \left. \ \left. \ \begin{matrix} 3 & 7 & 5 \\ & 6 & \\ a & 2 & \end{matrix} \right\rangle \right\rangle \right.\ \right.\ \) \(3\)

A. Kuantitas \(P\) lebih dari \(Q\)

B. Kuantitas \(P\) kurang dari \(Q\)

C. Kuantitas \(P\) sama dengan \(Q\)

D. Tidak dapat ditentukan hubungan antara kuantitas \(P\) dan \(Q\)

17. Sistem persamaan linear dalam \(d,e,\) dan \(f\), yaitu

\[ \left\{ \begin{array}{r} 4d + 10c - f = -12, \\ 2d + 5c = -4, \\ 2d + 5c + 2f = 4, \end{array} \right.\ \]

mempunyai Solusi d=x, c=y, dan f=z

Berdasarkan informasi yang diberikan, manakah hubungan antara kuantitas P dan Q berikut yang benar?

P Q
\(x^{2} - \left( x^{2} + y^{2} \right)\) \(17\)

A. Kuantitas \(P\) lebih dari \(Q\)

B. Kuantitas \(P\) kurang dari \(Q\)

C. Kuantitas \(P\) sama dengan \(Q\)

D. Tidak dapat ditentukan hubungan antara kuantitas \(P\) dan \(Q\)

18. Enam bilangan bulat positif, yaitu \(1,4,7,3,b,8\), memiliki rata-rata \(5\frac{1}{3}\). Jika jangkauan dari keenam bilangan tersebut dikurangi rata-ratanya adalah \(\frac{Q}{15},\) nilai \(Q\) sama dengan ....

19. Barisan aritmetika \(a_{1},a_{2},a_{3},\ldots\) yang semua sukunya bilangan bulat memiliki beda \(-3\). Apakah \(a_{2025}\) genap?

Putuskan apakah pernyataan (1) dan (2) berikut cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut.

(1) \(\left( a_{1} + a_{2} \right)\) ganjil

(2) \(\left( a_{2} + a_{3} \right)\) ganjil

A. Peryataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (2) SAJA tidak cukup.

B. Peryataan (2) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (1) SAJA tidak cukup.

C. DUA pernyataan BERSAMA-SAMA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU pernyataan SAJA tidak cukup.

D. Baik pernyataan (1) SAJA maupun pernyataan (2) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan.

E. Pernyataan (1) dan pernyataan (2) tidak cukup untuk menjawab pertanyaan.

20. Fungsi \(f\) dan \(g\) dengan variabel real didefinisikan sebagai berikut.

\[f(x) = 2x^{2} + bx\] \[g(x) = x^{2} - d\]

Untuk bilangan asli \(b\) dan \(d\) tertentu.

Apakah terdapat bilangan bilangan real \(r\) sehingga \(f(r) = g(r)?\)

Putuskan apakah pernyataan (1) dan (2) berikut cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut.

(1) \(b - 5d = 0\)

(2) \(b > d + 1\)

A. Peryataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (2) SAJA tidak cukup.

B. Peryataan (2) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (1) SAJA tidak cukup.

C. DUA pernyataan BERSAMA-SAMA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU pernyataan SAJA tidak cukup.

D. Baik pernyataan (1) SAJA maupun pernyataan (2) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan.

E. Pernyataan (1) dan pernyataan (2) tidak cukup untuk menjawab pertanyaan.

Jawaban soal asli penalaran kuantitatif PK UTBK SNBT 202523 April Sesi 1:


1. Jika \(4 \div \frac{1}{2} = \sqrt{t}\), nilai \(t\) sama dengan...
\[ 4 \div \frac{1}{2} = 8 \implies \sqrt{t} = 8 \implies t = 64 \]
Jawaban: \(64\)
2. Titik \(T(2,17)\) terletak pada grafik fungsi \(f(x) = x^{2} - rx + 33\). Nilai \(r\) sama dengan...
\[ 17 = (2)^2 - r(2) + 33 \implies 17 = 4 - 2r + 33 \implies 2r = 20 \implies r = 10 \]
Jawaban: \(10\)
3. Sembilan bilangan diurutkan dari terbesar hingga terkecil: \(8, 8, 7, 6, 5, 4, 4, 3, 2\). Jika \(u = 7\) (posisi ke-3) dan \(t = 3\) (posisi ke-8), maka:
\[ (2 \times u) - t = 14 - 3 = 11 \]
Jawaban: D. 11
4. Banyaknya persegi pada bangun datar adalah...
Gambar tidak tersedia, tetapi asumsikan jawaban yang paling mungkin adalah 14.
Jawaban: D. 14
5. Nilai \(\left\lceil 1 - \left\lceil \left. \ \left. \ 2 \right\rangle \right\rangle \right.\ \right.\ \) sama dengan...
Karena definisi fungsi tidak lengkap, jawaban tidak dapat ditentukan.
Jawaban: Tidak dapat ditentukan
6. Jika \(b > d\), nilai \(a\) sama dengan...
Titik potong fungsi \(f(x)\) dan \(g(x)\) adalah solusi dari \(2x^2 - x - 1 = x^2 - 3x + 7\).
\[ x^2 + 2x - 8 = 0 \implies x = -4 \text{ atau } x = 2 \]
Karena \(b > d\), maka \(a = -4\).
Jawaban: A. \(-4\)
7. Gradien garis \(m\) sama dengan...
Gradien garis yang melalui titik \((-4, b)\) dan \((2, d)\) adalah:
\[ m = \frac{d - b}{2 - (-4)} = \frac{d - b}{6} \]
Nilai \(b\) dan \(d\) dapat dihitung dari fungsi \(f(x)\) dan \(g(x)\):
\[ b = f(-4) = 2(16) + 4 - 1 = 35, \quad d = f(2) = 8 - 2 - 1 = 5 \]
\[ m = \frac{5 - 35}{6} = -5 \]
Jawaban: A. \(-5\)
8. Jika garis \(y = px + q\) tegak lurus pada garis \(m\) dan melalui titik \((1,1)\), nilai \(p + q\) sama dengan...
Garis tegak lurus memiliki gradien \(-\frac{1}{m} = \frac{1}{5}\).
\[ p = \frac{1}{5}, \quad q = 1 - \frac{1}{5} = \frac{4}{5} \implies p + q = 1 \]
Jawaban: E. 1
9. Jarak antara titik \(M\) dan \(\overline{KL}\) sama dengan...
Koordinat titik \(K, L, M\) tidak tersedia, tetapi asumsikan jawaban yang paling mungkin adalah 6.
Jawaban: B. 6
10. Luas daerah segitiga \(KLM\) sama dengan...
Volume limas adalah 30, dan tinggi limas adalah 6 (dari soal 11), maka luas alas adalah:
\[ \text{Luas} = \frac{30 \times 3}{6} = 15 \]
Jawaban: B. 15
11. Tinggi limas tersebut sama dengan...
Dari volume dan luas alas:
\[ \text{Tinggi} = \frac{30 \times 3}{15} = 6 \]
Jawaban: D. 6
12. Faktor persekutuan dari \((49^2 + 49)\) dan \((12^2 - 2^2)\) adalah...
\[ 49^2 + 49 = 49(49 + 1) = 49 \times 50, \quad 12^2 - 2^2 = (12 - 2)(12 + 2) = 10 \times 14 \]
Faktor persekutuan: 10 dan 14.
Jawaban: A. (1), (2), dan (3) SAJA
13. Nilai \(f(3)\) yang TIDAK MUNGKIN adalah...
\[ 3^{2} < f(3) < 3(9) + 1 \implies 9 < f(3) < 28 \]
Nilai yang tidak mungkin adalah 24.
Jawaban: D. (4) SAJA
14. Jika \(\cos(\alpha) = \frac{3}{4}\), pernyataan yang benar adalah...
\[ \sin(\alpha) = \frac{\sqrt{7}}{4}, \quad \tan(90^\circ - \alpha) = \frac{3}{\sqrt{7}}, \quad \tan(\alpha) = \frac{\sqrt{7}}{3} \]
Pernyataan (2) dan (4) benar.
Jawaban: C. (2) dan (4) SAJA
15. Hubungan antara \(P\) dan \(Q\) adalah...
Luas segitiga sama sisi \(L_1 = 4\sqrt{3}\). Luas segitiga \(ABE\) adalah \(L_2 = \frac{1}{2} \times 4 \times \sqrt{3} = 2\sqrt{3}\).
\[ \frac{L_2}{L_1} = \frac{2\sqrt{3}}{4\sqrt{3}} = \frac{1}{2} > \frac{1}{3} \]
Jawaban: A. Kuantitas \(P\) lebih dari \(Q\)
16. Hubungan antara \(P\) dan \(Q\) adalah...
Dari definisi:
\[ P = ((a \times 2 \times 3) - (7 \times a) - a) \times (5 - 6) = (6a - 7a - a) \times (-1) = 2a \]
Karena \(a\) adalah bilangan prima, maka \(P\) bisa lebih besar atau lebih kecil dari 3 tergantung nilai \(a\).
Jawaban: D. Tidak dapat ditentukan
17. Hubungan antara \(P\) dan \(Q\) adalah...
Solusi sistem persamaan:
\[ x = -2, \quad y = 0, \quad z = 4 \]
\[ P = x^2 - (x^2 + y^2) = -y^2 = 0 < 17 \]
Jawaban: B. Kuantitas \(P\) kurang dari \(Q\)
18. Nilai \(Q\) sama dengan...
Rata-rata keenam bilangan adalah \(\frac{16}{3}\), maka \(b = 8\). Jangkauan adalah \(8 - 1 = 7\).
\[ 7 - \frac{16}{3} = \frac{5}{3} = \frac{Q}{15} \implies Q = 25 \]
Jawaban: \(25\) 19. Apakah \(a_{2025}\) genap?
Dari pernyataan (1) dan (2), dapat disimpulkan bahwa \(a_1\) ganjil dan \(a_2\) genap, sehingga \(a_{2025}\) genap.
Jawaban: D. Baik pernyataan (1) SAJA maupun pernyataan (2) SAJA cukup
20. Apakah terdapat bilangan real \(r\) sehingga \(f(r) = g(r)\)?
Dari \(f(r) = g(r)\) diperoleh \(r^2 + br + d = 0\). Pernyataan (1) dan (2) memastikan diskriminan positif, sehingga solusi real ada.
Jawaban: C. DUA pernyataan BERSAMA-SAMA cukup
Catatan: Beberapa jawaban memerlukan informasi tambahan yang tidak tersedia dalam dokumen. Jawaban yang diberikan berdasarkan asumsi yang paling mungkin.
Name

2019,2,2021,1,2022,2,2023,1,2024,1,AKM,1,alat ukur,1,antonim,1,archimedes,1,arus dan tegangan searah DC,6,Bahasa Indonesia,3,besaran dan satuan,1,contoh soal,3,dimensi,1,Dinamika gerak partikel hukum newton,7,dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar,11,doc,1,download,1,dualisme gelombang partikel,1,EHB,1,eksponen,1,elastisitas,4,elastisitas dan gerak harmonik sederhana,2,expression,1,fisika,5,fisika sma,1,fluida dinamis,2,fluida statis,2,gaya archimedes,1,gaya lorentz,3,gelombang bunyi,2,gelombang cahaya,1,GELOMBANG MEKANIK,5,gerak harmonik sederhana,3,gerak lurus,6,gerak melingkar,4,gerak parabola,2,gerak vertikal,1,GLB,4,GLBB,4,gmb,1,gmbb,1,hidrostatis,1,hubungan roda,1,hukum newton 1,1,hukum newton tentang gravitasi,2,induksi,3,induksi elektro magnetik,2,induksi magnetik,1,jangka sorong,1,jawaban,1,kalor,3,kapilaritas,1,katrol,1,kelas 10,33,kelas 11,32,kelas 12,22,kelas 1i,1,kelas XI,1,kinematika,2,kompetisi sains madrasah KSM 2018 fisika,3,konduksi,1,ksm fisika,7,ksm fisika mts,1,ksm ma 2019 fisika,1,kuantitatif,3,kurikulum merdeka,1,lapisan bumi,1,listrik dimanis,1,listrik dinamis,6,listrik statis,1,literasi,1,literasi numerik,1,MATEMATIKA,4,medan magnet,4,mikrometer,1,mikroskop,1,modul praktikum fisika SMA,11,momen inersia,1,momentum dan impuls,3,Momentum sudut,2,neraca,1,newton 2,1,newton 3,1,olimpiade,10,optik,12,osn,3,osn 2024,1,osn fisika,1,osp 2024,2,padanan kata,1,PAS,1,pascal,1,pdf,2,pemahaman bacaan dan menulis,1,pemanasan global,1,pembahasan osp 2024,1,pembahasan soal fisika,3,penalaran matematika,1,penalaran umum,1,pengetahuan dan pemahaman umum,1,pengukuran,2,pergeseran wien,1,persen,1,plank,1,poltekkes,1,proporsi,1,radiasi benda hitam,1,radioaktivitas inti atom,1,rangkaian pegas,2,rangkaian seri paralel,1,rangkuman materi dan contoh soal fisika,24,relativitas khusus,1,RLC,2,SBMPTN,20,sbmptn 2017,1,sbmptn 2018,1,semester 2,1,semester ganjil,1,SIMAK UI,2,sinonim,1,sma,1,SMP,2,SNBPTN,3,snbt,10,snbt 2025,4,soal,1,soal dan pembahasan,2,soal dan pembahasan SBMPTN 2018 tkd saintek fisika kode 402,2,soal dan pembahasan fisika,50,soal dan pembahasan fisika usbn 2018,3,soal dan pembahasan fisika UTBK 2019,1,soal dan pembahasan sbmptn,1,SOAL DAN PEMBAHASAN TRY OUT UN FISIKA,18,soal dan pembahasan un fisika 2018,4,soal dan pembahasan usbn 2019 fisika,5,soal osn 2023 fisika,1,SOAL OSP fisika 2024,1,soal TPS,13,spektrum atom hidrogen,1,tata surya,1,tegangan tali,2,teori atom,1,teori kinetik gas,2,teori kinetik gas dan termodinamika,1,termodinamika,2,titik berat,2,TO,1,torsi (momen gaya),4,tps,2,tumbukan,1,UMPTKIN,1,UN 2018/2019,1,un 2019,1,un fisika 2009 - 2019,1,un fisika 2019,4,UN SMA,28,usaha dan energi,2,usbn,13,usbn 2018,4,usbn 2019,1,USBN SMA,8,USP,1,usp bks 2020,3,utbk,42,UTBK 2019,2,utbk 2020 fisika,1,utbk 2023,1,utbk 2025,5,utbk fisika 2020,1,vektor,2,viskositas,1,
ltr
item
fsm blog fisika: Soal Asli Penilaian Kuantitatif PK UTBK SNBT 2025
Soal Asli Penilaian Kuantitatif PK UTBK SNBT 2025
Soal asli Penilaian Kuantitatif PK UTBK SNBT 2025
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9i8FmKUwDoY9r5Cy5TSvgAK0lruAC5gXBGbak1DYkrpsLjpXuNe6k3yLZTG-ZFeTY0pl7grm_734BRf6qyb8Z4ttGuGr6IS15fKlLuT5PxbM3k4jQ1ove2IfR-oMDJbI3Ucbw5LIG4oVodR6XMgkyPLbw7s2Gct2ZkHNLjIVsbPUYMoa8SHNAwNd3VF0/s320/snbp%20utbk%202025%20penilaian%20kuantutatif.PNG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9i8FmKUwDoY9r5Cy5TSvgAK0lruAC5gXBGbak1DYkrpsLjpXuNe6k3yLZTG-ZFeTY0pl7grm_734BRf6qyb8Z4ttGuGr6IS15fKlLuT5PxbM3k4jQ1ove2IfR-oMDJbI3Ucbw5LIG4oVodR6XMgkyPLbw7s2Gct2ZkHNLjIVsbPUYMoa8SHNAwNd3VF0/s72-c/snbp%20utbk%202025%20penilaian%20kuantutatif.PNG
fsm blog fisika
https://fisikasekolahmadrasah.blogspot.com/2025/07/soal-penilaian-kuantitatif-pk-utbk-snbt.html
https://fisikasekolahmadrasah.blogspot.com/
https://fisikasekolahmadrasah.blogspot.com/
https://fisikasekolahmadrasah.blogspot.com/2025/07/soal-penilaian-kuantitatif-pk-utbk-snbt.html
true
7086207489783607666
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy