Soal Asli Peahaman Bacaan dan Menulis – PBM UTBK SNBT 23 April 2025 (sesi 1)
TEKS 1
1Lahan
sawit menjadi satu dari banyak penyebab deforestasi (alih fungsi lahan dari
hutan ke perkebunan). 2Deforestasi berdampak negatif pada
lingkungan, karena berkontribusi pada pelepasan emisi karbon. 3Deforestasi
juga menyebabkan degradasi tanah dan pencemaran air. 4Meskipun
minyak kelapa sawit berpotensi menjadi sumber bahan bakar ramah lingkungan,
tetapi sisi negatifnya tidak dapat diabaikan. 5Situasi itu
menunjukkan perlu sinkronisasi antara mengembangkan energi terbarukan yang
ramah lingkungan dan dukungan ketahanan pangan global. 6Solusinya
adalah penemuan alternatif bahan baku untuk produksi biodiesel yang
tidak bersaing langsung dengan sektor pangan, misalnya penggunaan limbah. 7Dengan
berfokus pada penggunaan limbah, seperti minyak jelantah (minyak goreng sisa),
biofuel menjadi solusi dalam mendukung kebutuhan energi tanpa merusak
lingkungan. 8Untuk itu, diperlukan pendekatan holistik agar perumusan
kebijakan biofuel mempertimbangkan keselamatan lingkungan.
Diadaptasi
dari https://mediaindonesia.com/
1.
Penggunaan kata bercetak tebal yang tidak tepat
terdapat pada kalimat nomor ...
A.
(2)
B.
(3)
C.
(5)
D.
(6)
E.
(8)
2.
Kalimat berikut perlu dimasukkan dalam bacaan
tersebut.
Pengembangan potensi biodiesel dengan menggunakan bahan
baku limbah memerlukan dukungan investasi teknologi bioenergi.
Kalimat tersebut paling tepat ditempatkan setelah kalimat
nomor ....
A.
(2)
B.
(4)
C.
(6)
D.
(7)
E.
(8)
3.
Penggunaan tanda koma yang salah terdapat pada
kalimat nomor ....
A.
(2)
B.
(4)
C.
(6)
D.
(7)
E.
(8)
4.
Kalimat manakah yang merupakan kalimat efektif
dari kalimat (4)?
A.
Meskipun minyak kelapa sawit berpotensi menjadi
sumber bahan bakar ramah lingkungan, tetapi sisi negatifnya tidak dapat
diabaikan.
B.
Minyak kelapa sawit berpotensi menjadi sumber
bahan bakar ramah lingkungan, meskipun sisi negatifnya tidak dapat diabaikan.
C.
Minyak kelapa sawit berpotensi menjadi sumber
bahan bakar ramah lingkungan, tetapi sisi negatifnya tidak dapat diabaikan.
D.
Meskipun minyak kelapa sawit berpotensi menjadi
sumber bahan bakar ramah lingkungan, sisi negatifnya juga tidak dapat
diabaikan.
E.
Meskipun minyak kelapa sawit berpotensi menjadi
sumber bahan bakar ramah lingkungan, sisi negatifnya tidak dapat diabaikan.
5.
1Dalam rangka memperingati Hari
Pahlawan, banyak kegiatan yang dilakukan. 2Pemuda Kecamatan Jagir
Surabaya mengadakan lokakarya yang diikuti pemuda dari dua puluh negara. 3Kegiatan
Lokakarya Internasional tersebut membahas peran pemuda dalam mencegah
pencemaran. 4Hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Pemuda dan
Olahraga Republik Indonesia. 5Dalam sambutannya Menpora menegaskan
pentingnya pemuda sebagai penggerak bangsa.
Penulisan huruf kapital yang salah terdapat pada kalimat
nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
TEKS 2
1Tujuan
pendidikan adalah mengembangkan dan mengoptimalkan daya anak didik agar siap
menyongsong masa depan sesuai dengan zamannya. 2Saat ini teknologi
yang berkembang dengan pesat memicu pada perubahan yang cepat pula, bahkan
tidak terduga. 3Laporan Dell Technology menyebutkan bahwa 85 persen
pekerjaan pada 2030 yang akan dimasuki Generasi Z dan Alpha belum ditemukan. 4Sementara
itu, konsep otomasi di era 4.0 juga akan mengubah struktur dan lapangan
pekerjaan. 5Padahal, institusi dari pendidikan formal saat ini
dinilai belum optimal membekali siswa dengan keterampilan praktis yang menjadi
modal siswa untuk mengembangkan diri secara mandiri atau masuk dunia kerja. 6Paradigma
pendidikan sudah bergeser mengikuti perkembangan zaman, tetapi sistem
pendidikan belum....
(Diadaptasi
dari https://www.kompas.id/)
6.
Kata yang harus dihilangkan pada kalimat (5)
adalah....
A.
dari
B.
dinilai
C.
dengan
D.
untuk
E.
secara
7.
Kata daya dalam kalimat (1)
seharusnya....
A.
dihilangkan
B.
didahului kata semua
C.
diikuti kata upaya
D.
dibiarkan saja (sudah benar)
E.
diganti kata potensi
8.
Kalimat (2) perlu disempurnakan dengan cara ....
A.
menambahkan kata pada sebelum saat
B.
menghilangkan kata yang
C.
mengganti kata dengan dengan secara
D.
menghilangkan kata pada
E.
menyingkat kata tidak menjadi tak
9.
Agar sesuai dengan konteks bacaan, pernyataan
yang paling tepat untuk melengkapi kalimat (6) adalah ....
A.
memungkinkan mengubah kurikulum
B.
cukup responsif terhadap tuntutan zaman
C.
adaptif sesuai dengan zaman sekarang
D.
siap menghadapi tuntutan era 4.0
E.
memasukkan kurikulum pendidikan keterampilan
10.
1Kerja sama sekolah satu
dengan sekolah lainnya menjadi hal yang sangat penting. 2Apalagi
untuk mengelola kegiatan ekstra kurikuler yang sangat beragam. 3Sekolah
harus menyiapkan infrastruktur yang sangat banyak karena banyaknya
kegiatan. 4Dengan cara itu, tanggung jawab pengadaannya
menjadi lebih ringan. 5Jadi, hubungan antarsekolah harus
terjalin baik.
Penulisan kata bercetak tebal yang salah terdapat pada
kalimat nomor....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
TEKS 3
1Di tengah
kekhawatiran global tentang dampak perubahan iklim terhadap lingkungan dan
satwa liar, faktor yang sering kali terlupakan adalah bagaimana perubahan iklim
memengaruhi otak manusia dan hewan. 2Penelitian baru-baru ini menyoroti
hubungan yang kompleks antara perubahan iklim dan fungsi otak. 3Dalam
penelitian tersebut diuraikan bagaimana [...], perubahan musim yang singkat,
dan asam laut dapat memengaruhi perkembangan otak hewan dan reaksi terhadap
lingkungan sekitarnya. 4Suhu tinggi dapat memengaruhi perkembangan
otak hewan. 5Suhu tinggi dapat mengubah fitur sistem saraf, termasuk
di dalamnya adalah efek pada ekspresi gen dalam neuron (sel saraf), struktur
neuron, dan organisasi otak. 6Selain itu, suhu juga dapat memengaruhi
pembentukan neuron baru dalam otak hewan dewasa.
(Diadaptasi
dari https://www.kompas.com/)
11.
Kata yang paling tepat menggantikan faktor dalam
kalimat (1) adalah...
A.
unsur
B.
elemen
C.
aspek
D.
bagian
E.
sisi
12.
Pernyataan yang paling tepat untuk melengkapi
kalimat (3) adalah.....
A.
perubahan iklim
B.
peningkatan suhu
C.
sistem saraf
D.
ekspresi gen
E.
pembentukan neuron
13.
Apa judul yang paling tepat untuk teks tersebut?
A.
Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Hewan
B.
Pengaruh Iklim terhadap Otak Manusia dan Hewan
C.
Dampak Iklim terhadap Otak Manusia dan Hewan
D.
Dampak Perubahan Iklim terhadap Otak Hewan
E.
Kerusakan Otak Hewan Akibat Perubahan Iklim
14.
Kalimat manakah yang paling efektif sebagai
hasil penggabungan kalimat (4) dan (5)?
A.
Suhu tinggi dapat memengaruhi perkembangan otak
hewan, seperti mengubah fitur sistem saraf, termasuk efek pada ekspresi gen
dalam neuron (sel saraf), struktur neurón, dan organisasi otak.
B.
Suhu tinggi dapat memengaruhi perkembangan otak
hewan yang mengubah fitur sistem saraf, termasuk efek pada ekspresi gen dalam
neuron (sel saraf), struktur neuron, dan organisasi otak.
C.
Suhu tinggi dapat memengaruhi perkembangan otak
hewan, khususnya mengubah fitur sistem saraf, termasuk efek pada ekspresi gen
dalam neuron (sel saraf), struktur neuron, dan organisasi otak.
D.
Suhu tinggi dapat memengaruhi perkembangan otak
hewan sehingga mengubah fitur sistem saraf, termasuk efek pada ekspresi gen
dalam neuron (sel saraf), struktur neuron, dan organisasi otak.
E.
Suhu tinggi dapat memengaruhi perkembangan otak
hewan untuk mengubah fitur sistem saraf, termasuk efek pada ekspresi gen dalam
neuron (sel saraf), struktur neurón, dan organisasi otak.
15.
Apa informasi utama kalimat (6)?
A.
Suhu dapat memengaruhi pembentukan neuron baru
dalam otak.
B.
Suhu memengaruhi pembentukan neuron baru dalam
otak hewan.
C.
Suhu dapat memengaruhi pembentukan neuron dalam
otak.
D.
Suhu memengaruhi pembentukan neuron baru.
E.
Suhu memengaruhi pembentukan neuron.
TEKS 4
1Sekarang
Pemerintah Indonesia menghadapi arus balik kedua dalam badai teknologi
pendidikan dengan terbitnya laporan pemantauan pendidikan global UNESCO. 2Hasil
pemantauan itu bertolak belakang dengan kebijakan teknologis-sentris
pendidikan Indonesia. 3Semua negara miskin di dunia, membutuhkan
satu miliar dolar AS per hari untuk menjaga konektivitas jaringan
internetnya. 4Teknologi pendidikan telah berhasil diakses
satu miliar anak selama pembelajaran online. 5[...], pada saat yang
sama teknologi juga gagal menjangkau setengah miliar anak di dunia. 6Menurut
laporan itu menunjukkan bahwa penggunaan gawai dalam belajar di empat belas
negara cenderung memberikan dampak negatif karena lebih sering mendistraksi
pembelajaran. 7Di negara maju hanya sepuluh persen pelajar di bawah
usia lima belas tahun menggunakan perangkat digital lebih dari satu jam per
minggu di bidang matematika dan sain.
(Diadaptasi dari https://www.kompas.id/)
16.
Penulisan kata bercetak tebal yang salah pada
teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A.
(2)
B.
(3)
C.
(4)
D.
(6)
E.
(7)
17.
Kata penghubung yang paling tepat untuk
melengkapi kalimat (5) adalah.....
A.
selain itu
B.
selanjutnya
C.
bahkan
D.
untuk itu
E.
namun
18.
Kalimat manakah yang merupakan perbaikan kalimat
(6)?
A.
Menurut laporan itu, bahwa penggunaan gawai
dalam belajar di empat belas negara cenderung memberikan dampak negatif karena
lebih sering mendistraksi pembelajaran.
B.
Menurut laporan itu menunjukkan penggunaan gawai
dalam belajar di empat belas negara cenderung memberikan dampak negatif karena
lebih sering mendistraksi pembelajaran.
C.
Laporan itu menunjukkan penggunaan gawai dalam
belajar di empat belas negara cenderung memberikan dampak negatif karena lebih
sering mendistraksi pembelajaran
D.
Laporan itu menunjukkan bahwa penggunaan gawai
dalam belajar di empat belas negara cenderung memberikan dampak negatif karena
lebih sering mendistraksi pembelajaran.
E.
Menurut laporan itu menunjukkan bahwa penggunaan
gawai dalam belajar di empat belas negara cenderung memberikan dampak negatif
karena lebih sering mendistraksi pembelajaran.
19.
Kalimat manakah yang maknanya sama dengan
kalimat (1)?
A.
Pemerintah Indonesia yang sekarang menghadapi
arus balik kedua dalam badai teknologi pendidikan dengan terbitnya laporan
pemantauan pendidikan global UNESCO.
B.
Dengan terbitnya laporan pemantauan pendidikan
global UNESCO, sekarang Pemerintah Indonesia menghadapi arus balik kedua dalam
badai teknologi pendidikan.
C.
Arus balik kedua dalam badai teknologi
pendidikan dengan terbitnya laporan pemantauan pendidikan global UNESCO
dihadapi Pemerintah Indonesia sekarang.
D.
Sekarang arus balik kedua dalam badai teknologi
pendidikan dengan terbitnya laporan pemantauan pendidikan global UNESCO
dihadapi Pemerintah Indonesia.
E.
Arus balik kedua dalam badai teknologi
pendidikan dengan terbitnya laporan pemantauan pendidikan global UNESCO
sekarang dihadapi Pemerintah Indonesia.
20.
Perhatikan kalimat berikut.
(1)
Penemuan antibiotik dan vaksin meningkatkan usia
harapan hidup manusia dari hanya 30- 40 tahun hingga sekarang mencapai lebih
dari 70 tahun.
(2)
Berkat teknologi, manusia meninggalkan cara
hidup berburu-meramu dan mengalami Revolusi Pertanian pada 10.000 tahun silam.
(3)
Tidak diragukan bahwa teknologi membuat manusia
lebih sehat, makmur, dan sejahtera.
(4)
Selanjutnya, teknologi pembuatan kapal dan
pemanfaatan kompas penunjuk arah juga membantu orang mulai menjelajah samudra
pada lebih dari 500 tahun silam.
(5)
Revolusi ini terjadi karena ada teknologi
pengairan, pengolahan hasil panen, dan pengembangbiakan hewan.
Jika lima kalimat tersebut disusun menjadi paragraf, urutan
kalimat yang tepat adalah.....
A.
3, 2, 5, 1, 4
B.
3, 2, 5, 4, 1
C.
3, 2, 4, 5, 1
D.
3, 2, 1, 4, 5
E.
3, 2, 4, 1, 5
Jawaban:
1. D (6)
Penjelasan: Kata "penemuan" seharusnya diganti dengan "penggunaan" karena lebih sesuai dengan konteks alternatif bahan baku yang sudah ada (limbah).
2. D (7)
Penjelasan: Kalimat tambahan tentang dukungan investasi teknologi bioenergi paling cocok ditempatkan setelah kalimat (7) yang membahas solusi biofuel dari limbah.
3. B (4)
Penjelasan: Tanda koma sebelum "tetapi" tidak diperlukan karena "meskipun" sudah berfungsi sebagai konjungsi.
4. E
Penjelasan: Kalimat ini efektif karena menghilangkan kata "tetapi" yang redundan setelah "meskipun".
5. C (3)
Penjelasan: Kata "Lokakarya" tidak perlu huruf kapital karena bukan nama resmi acara.
6. A (dari)
Penjelasan: Kata "dari" berlebihan karena "institusi pendidikan formal" sudah jelas.
7. E (diganti kata potensi)
Penjelasan: "Daya" kurang spesifik, sedangkan "potensi" lebih sesuai dengan konteks pengembangan anak didik.
8. D (menghilangkan kata pada)
Penjelasan: Kata "pada" tidak diperlukan dalam struktur kalimat tersebut.
9. B (cukup responsif terhadap tuntutan zaman)
Penjelasan: Pilihan ini selaras dengan kritik bahwa sistem pendidikan belum optimal mengikuti perubahan zaman.
10. B (2)
Penjelasan: "Ekstra kurikuler" seharusnya ditulis serangkai: "ekstrakurikuler".
11. C (aspek)
Penjelasan: "Aspek" lebih tepat untuk menggambarkan sudut pandang yang spesifik.
12. B (peningkatan suhu)
Penjelasan: Pilihan ini melengkapi konteks dampak perubahan iklim pada otak hewan.
13. B (Pengaruh Iklim terhadap Otak Manusia dan Hewan)
Penjelasan: Judul ini mencakup seluruh isi teks, termasuk manusia dan hewan.
14. A
Penjelasan: Penggabungan dengan kata "seperti" paling efektif menunjukkan contoh dampak suhu tinggi.
15. B
Penjelasan: Informasi utama adalah pengaruh suhu pada pembentukan neuron baru di otak hewan.
16. E (7)
Penjelasan: Kata "sain" seharusnya "sains".
17. E (namun)
Penjelasan: Kata "namun" menunjukkan kontras antara keberhasilan dan kegagalan teknologi.
18. D
Penjelasan: Kalimat ini menghilangkan redundansi "menurut" dan "bahwa" secara bersamaan.
19. B
Penjelasan: Struktur kalimat ini mempertahankan makna asli dengan urutan logis.
20. B (3, 2, 5, 4, 1)
Penjelasan: Urutan ini mengalir dari pernyataan umum ke contoh kronologis perkembangan teknologi.
COMMENTS