Soal Asli Peahaman Bacaan dan Menulis – PBM UTBK SNBT 23 April 2025 (sesi 1)

Soal Asli Peahaman Bacaan dan Menulis – PBM UTBK SNBT 23 April 2025 (sesi 1)


TEKS 1

1Lahan sawit menjadi satu dari banyak penyebab deforestasi (alih fungsi lahan dari hutan ke perkebunan). 2Deforestasi berdampak negatif pada lingkungan, karena berkontribusi pada pelepasan emisi karbon. 3Deforestasi juga menyebabkan degradasi tanah dan pencemaran air. 4Meskipun minyak kelapa sawit berpotensi menjadi sumber bahan bakar ramah lingkungan, tetapi sisi negatifnya tidak dapat diabaikan. 5Situasi itu menunjukkan perlu sinkronisasi antara mengembangkan energi terbarukan yang ramah lingkungan dan dukungan ketahanan pangan global. 6Solusinya adalah penemuan alternatif bahan baku untuk produksi biodiesel yang tidak bersaing langsung dengan sektor pangan, misalnya penggunaan limbah. 7Dengan berfokus pada penggunaan limbah, seperti minyak jelantah (minyak goreng sisa), biofuel menjadi solusi dalam mendukung kebutuhan energi tanpa merusak lingkungan. 8Untuk itu, diperlukan pendekatan holistik agar perumusan kebijakan biofuel mempertimbangkan keselamatan lingkungan.

Diadaptasi dari https://mediaindonesia.com/

 

1.       Penggunaan kata bercetak tebal yang tidak tepat terdapat pada kalimat nomor ...

A.      (2)

B.      (3)

C.      (5)

D.      (6)

E.       (8)

 

2.       Kalimat berikut perlu dimasukkan dalam bacaan tersebut.

Pengembangan potensi biodiesel dengan menggunakan bahan baku limbah memerlukan dukungan investasi teknologi bioenergi.

Kalimat tersebut paling tepat ditempatkan setelah kalimat nomor ....

A.      (2)

B.      (4)

C.      (6)

D.      (7)

E.       (8)

 

3.       Penggunaan tanda koma yang salah terdapat pada kalimat nomor ....

A.      (2)

B.      (4)

C.      (6)

D.      (7)

E.       (8)

 

4.       Kalimat manakah yang merupakan kalimat efektif dari kalimat (4)?

A.      Meskipun minyak kelapa sawit berpotensi menjadi sumber bahan bakar ramah lingkungan, tetapi sisi negatifnya tidak dapat diabaikan.

B.      Minyak kelapa sawit berpotensi menjadi sumber bahan bakar ramah lingkungan, meskipun sisi negatifnya tidak dapat diabaikan.

C.      Minyak kelapa sawit berpotensi menjadi sumber bahan bakar ramah lingkungan, tetapi sisi negatifnya tidak dapat diabaikan.

D.      Meskipun minyak kelapa sawit berpotensi menjadi sumber bahan bakar ramah lingkungan, sisi negatifnya juga tidak dapat diabaikan.

E.       Meskipun minyak kelapa sawit berpotensi menjadi sumber bahan bakar ramah lingkungan, sisi negatifnya tidak dapat diabaikan.

5.       1Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, banyak kegiatan yang dilakukan. 2Pemuda Kecamatan Jagir Surabaya mengadakan lokakarya yang diikuti pemuda dari dua puluh negara. 3Kegiatan Lokakarya Internasional tersebut membahas peran pemuda dalam mencegah pencemaran. 4Hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. 5Dalam sambutannya Menpora menegaskan pentingnya pemuda sebagai penggerak bangsa.

 

Penulisan huruf kapital yang salah terdapat pada kalimat nomor....

A.    (1)

B.    (2)

C.    (3)

D.    (4)

E.     (5)

 

TEKS 2

1Tujuan pendidikan adalah mengembangkan dan mengoptimalkan daya anak didik agar siap menyongsong masa depan sesuai dengan zamannya. 2Saat ini teknologi yang berkembang dengan pesat memicu pada perubahan yang cepat pula, bahkan tidak terduga. 3Laporan Dell Technology menyebutkan bahwa 85 persen pekerjaan pada 2030 yang akan dimasuki Generasi Z dan Alpha belum ditemukan. 4Sementara itu, konsep otomasi di era 4.0 juga akan mengubah struktur dan lapangan pekerjaan. 5Padahal, institusi dari pendidikan formal saat ini dinilai belum optimal membekali siswa dengan keterampilan praktis yang menjadi modal siswa untuk mengembangkan diri secara mandiri atau masuk dunia kerja. 6Paradigma pendidikan sudah bergeser mengikuti perkembangan zaman, tetapi sistem pendidikan belum....

(Diadaptasi dari https://www.kompas.id/)

 

6.       Kata yang harus dihilangkan pada kalimat (5) adalah....

A.      dari

B.      dinilai

C.      dengan

D.      untuk

E.       secara

 

7.       Kata daya dalam kalimat (1) seharusnya....

A.      dihilangkan

B.      didahului kata semua

C.      diikuti kata upaya

D.      dibiarkan saja (sudah benar)

E.       diganti kata potensi

 

8.       Kalimat (2) perlu disempurnakan dengan cara ....

A.      menambahkan kata pada sebelum saat

B.      menghilangkan kata yang

C.      mengganti kata dengan dengan secara

D.      menghilangkan kata pada

E.       menyingkat kata tidak menjadi tak

 

9.       Agar sesuai dengan konteks bacaan, pernyataan yang paling tepat untuk melengkapi kalimat (6) adalah ....

A.      memungkinkan mengubah kurikulum

B.      cukup responsif terhadap tuntutan zaman

C.      adaptif sesuai dengan zaman sekarang

D.      siap menghadapi tuntutan era 4.0

E.       memasukkan kurikulum pendidikan keterampilan

 

10.   1Kerja sama sekolah satu dengan sekolah lainnya menjadi hal yang sangat penting. 2Apalagi untuk mengelola kegiatan ekstra kurikuler yang sangat beragam. 3Sekolah harus menyiapkan infrastruktur yang sangat banyak karena banyaknya kegiatan. 4Dengan cara itu, tanggung jawab pengadaannya menjadi lebih ringan. 5Jadi, hubungan antarsekolah harus terjalin baik.

 

Penulisan kata bercetak tebal yang salah terdapat pada kalimat nomor....

A.      (1)

B.      (2)

C.      (3)

D.      (4)

E.       (5)

 

TEKS 3

1Di tengah kekhawatiran global tentang dampak perubahan iklim terhadap lingkungan dan satwa liar, faktor yang sering kali terlupakan adalah bagaimana perubahan iklim memengaruhi otak manusia dan hewan. 2Penelitian baru-baru ini menyoroti hubungan yang kompleks antara perubahan iklim dan fungsi otak. 3Dalam penelitian tersebut diuraikan bagaimana [...], perubahan musim yang singkat, dan asam laut dapat memengaruhi perkembangan otak hewan dan reaksi terhadap lingkungan sekitarnya. 4Suhu tinggi dapat memengaruhi perkembangan otak hewan. 5Suhu tinggi dapat mengubah fitur sistem saraf, termasuk di dalamnya adalah efek pada ekspresi gen dalam neuron (sel saraf), struktur neuron, dan organisasi otak. 6Selain itu, suhu juga dapat memengaruhi pembentukan neuron baru dalam otak hewan dewasa.

(Diadaptasi dari https://www.kompas.com/)

 

11.   Kata yang paling tepat menggantikan faktor dalam kalimat (1) adalah...

A.      unsur

B.      elemen

C.      aspek

D.      bagian

E.       sisi

 

12.   Pernyataan yang paling tepat untuk melengkapi kalimat (3) adalah.....

A.      perubahan iklim

B.      peningkatan suhu

C.      sistem saraf

D.      ekspresi gen

E.       pembentukan neuron

 

13.   Apa judul yang paling tepat untuk teks tersebut?

A.      Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Hewan

B.      Pengaruh Iklim terhadap Otak Manusia dan Hewan

C.      Dampak Iklim terhadap Otak Manusia dan Hewan

D.      Dampak Perubahan Iklim terhadap Otak Hewan

E.       Kerusakan Otak Hewan Akibat Perubahan Iklim

 

14.   Kalimat manakah yang paling efektif sebagai hasil penggabungan kalimat (4) dan (5)?

A.      Suhu tinggi dapat memengaruhi perkembangan otak hewan, seperti mengubah fitur sistem saraf, termasuk efek pada ekspresi gen dalam neuron (sel saraf), struktur neurón, dan organisasi otak.

B.      Suhu tinggi dapat memengaruhi perkembangan otak hewan yang mengubah fitur sistem saraf, termasuk efek pada ekspresi gen dalam neuron (sel saraf), struktur neuron, dan organisasi otak.

C.      Suhu tinggi dapat memengaruhi perkembangan otak hewan, khususnya mengubah fitur sistem saraf, termasuk efek pada ekspresi gen dalam neuron (sel saraf), struktur neuron, dan organisasi otak.

D.      Suhu tinggi dapat memengaruhi perkembangan otak hewan sehingga mengubah fitur sistem saraf, termasuk efek pada ekspresi gen dalam neuron (sel saraf), struktur neuron, dan organisasi otak.

E.       Suhu tinggi dapat memengaruhi perkembangan otak hewan untuk mengubah fitur sistem saraf, termasuk efek pada ekspresi gen dalam neuron (sel saraf), struktur neurón, dan organisasi otak.

 

15.   Apa informasi utama kalimat (6)?

A.      Suhu dapat memengaruhi pembentukan neuron baru dalam otak.

B.      Suhu memengaruhi pembentukan neuron baru dalam otak hewan.

C.      Suhu dapat memengaruhi pembentukan neuron dalam otak.

D.      Suhu memengaruhi pembentukan neuron baru.

E.       Suhu memengaruhi pembentukan neuron.

 

TEKS 4

1Sekarang Pemerintah Indonesia menghadapi arus balik kedua dalam badai teknologi pendidikan dengan terbitnya laporan pemantauan pendidikan global UNESCO. 2Hasil pemantauan itu bertolak belakang dengan kebijakan teknologis-sentris pendidikan Indonesia. 3Semua negara miskin di dunia, membutuhkan satu miliar dolar AS per hari untuk menjaga konektivitas jaringan internetnya. 4Teknologi pendidikan telah berhasil diakses satu miliar anak selama pembelajaran online. 5[...], pada saat yang sama teknologi juga gagal menjangkau setengah miliar anak di dunia. 6Menurut laporan itu menunjukkan bahwa penggunaan gawai dalam belajar di empat belas negara cenderung memberikan dampak negatif karena lebih sering mendistraksi pembelajaran. 7Di negara maju hanya sepuluh persen pelajar di bawah usia lima belas tahun menggunakan perangkat digital lebih dari satu jam per minggu di bidang matematika dan sain.

(Diadaptasi dari https://www.kompas.id/)

 

16.   Penulisan kata bercetak tebal yang salah pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....

A.      (2)

B.      (3)

C.      (4)

D.      (6)

E.       (7)

 

17.   Kata penghubung yang paling tepat untuk melengkapi kalimat (5) adalah.....

A.      selain itu

B.      selanjutnya

C.      bahkan

D.      untuk itu

E.       namun

 

18.   Kalimat manakah yang merupakan perbaikan kalimat (6)?

A.      Menurut laporan itu, bahwa penggunaan gawai dalam belajar di empat belas negara cenderung memberikan dampak negatif karena lebih sering mendistraksi pembelajaran.

B.      Menurut laporan itu menunjukkan penggunaan gawai dalam belajar di empat belas negara cenderung memberikan dampak negatif karena lebih sering mendistraksi pembelajaran.

C.      Laporan itu menunjukkan penggunaan gawai dalam belajar di empat belas negara cenderung memberikan dampak negatif karena lebih sering mendistraksi pembelajaran

D.      Laporan itu menunjukkan bahwa penggunaan gawai dalam belajar di empat belas negara cenderung memberikan dampak negatif karena lebih sering mendistraksi pembelajaran.

E.       Menurut laporan itu menunjukkan bahwa penggunaan gawai dalam belajar di empat belas negara cenderung memberikan dampak negatif karena lebih sering mendistraksi pembelajaran.

 

19.   Kalimat manakah yang maknanya sama dengan kalimat (1)?

A.      Pemerintah Indonesia yang sekarang menghadapi arus balik kedua dalam badai teknologi pendidikan dengan terbitnya laporan pemantauan pendidikan global UNESCO.

B.      Dengan terbitnya laporan pemantauan pendidikan global UNESCO, sekarang Pemerintah Indonesia menghadapi arus balik kedua dalam badai teknologi pendidikan.

C.      Arus balik kedua dalam badai teknologi pendidikan dengan terbitnya laporan pemantauan pendidikan global UNESCO dihadapi Pemerintah Indonesia sekarang.

D.      Sekarang arus balik kedua dalam badai teknologi pendidikan dengan terbitnya laporan pemantauan pendidikan global UNESCO dihadapi Pemerintah Indonesia.

E.       Arus balik kedua dalam badai teknologi pendidikan dengan terbitnya laporan pemantauan pendidikan global UNESCO sekarang dihadapi Pemerintah Indonesia.

 

20.   Perhatikan kalimat berikut.

(1)    Penemuan antibiotik dan vaksin meningkatkan usia harapan hidup manusia dari hanya 30- 40 tahun hingga sekarang mencapai lebih dari 70 tahun.

(2)    Berkat teknologi, manusia meninggalkan cara hidup berburu-meramu dan mengalami Revolusi Pertanian pada 10.000 tahun silam.

(3)    Tidak diragukan bahwa teknologi membuat manusia lebih sehat, makmur, dan sejahtera.

(4)    Selanjutnya, teknologi pembuatan kapal dan pemanfaatan kompas penunjuk arah juga membantu orang mulai menjelajah samudra pada lebih dari 500 tahun silam.

(5)    Revolusi ini terjadi karena ada teknologi pengairan, pengolahan hasil panen, dan pengembangbiakan hewan.

 

Jika lima kalimat tersebut disusun menjadi paragraf, urutan kalimat yang tepat adalah.....

A.      3, 2, 5, 1, 4

B.      3, 2, 5, 4, 1

C.      3, 2, 4, 5, 1

D.      3, 2, 1, 4, 5

E.       3, 2, 4, 1, 5


Jawaban:


1. D (6)
Penjelasan: Kata "penemuan" seharusnya diganti dengan "penggunaan" karena lebih sesuai dengan konteks alternatif bahan baku yang sudah ada (limbah).

2. D (7)
Penjelasan: Kalimat tambahan tentang dukungan investasi teknologi bioenergi paling cocok ditempatkan setelah kalimat (7) yang membahas solusi biofuel dari limbah.

3. B (4)
Penjelasan: Tanda koma sebelum "tetapi" tidak diperlukan karena "meskipun" sudah berfungsi sebagai konjungsi.

4. E
Penjelasan: Kalimat ini efektif karena menghilangkan kata "tetapi" yang redundan setelah "meskipun".

5. C (3)
Penjelasan: Kata "Lokakarya" tidak perlu huruf kapital karena bukan nama resmi acara.

6. A (dari)
Penjelasan: Kata "dari" berlebihan karena "institusi pendidikan formal" sudah jelas.

7. E (diganti kata potensi)
Penjelasan: "Daya" kurang spesifik, sedangkan "potensi" lebih sesuai dengan konteks pengembangan anak didik.

8. D (menghilangkan kata pada)
Penjelasan: Kata "pada" tidak diperlukan dalam struktur kalimat tersebut.

9. B (cukup responsif terhadap tuntutan zaman)
Penjelasan: Pilihan ini selaras dengan kritik bahwa sistem pendidikan belum optimal mengikuti perubahan zaman.

10. B (2)
Penjelasan: "Ekstra kurikuler" seharusnya ditulis serangkai: "ekstrakurikuler".

11. C (aspek)
Penjelasan: "Aspek" lebih tepat untuk menggambarkan sudut pandang yang spesifik.

12. B (peningkatan suhu)
Penjelasan: Pilihan ini melengkapi konteks dampak perubahan iklim pada otak hewan.

13. B (Pengaruh Iklim terhadap Otak Manusia dan Hewan)
Penjelasan: Judul ini mencakup seluruh isi teks, termasuk manusia dan hewan.

14. A
Penjelasan: Penggabungan dengan kata "seperti" paling efektif menunjukkan contoh dampak suhu tinggi.

15. B
Penjelasan: Informasi utama adalah pengaruh suhu pada pembentukan neuron baru di otak hewan.

16. E (7)
Penjelasan: Kata "sain" seharusnya "sains".

17. E (namun)
Penjelasan: Kata "namun" menunjukkan kontras antara keberhasilan dan kegagalan teknologi.

18. D
Penjelasan: Kalimat ini menghilangkan redundansi "menurut" dan "bahwa" secara bersamaan.

19. B
Penjelasan: Struktur kalimat ini mempertahankan makna asli dengan urutan logis.

20. B (3, 2, 5, 4, 1)
Penjelasan: Urutan ini mengalir dari pernyataan umum ke contoh kronologis perkembangan teknologi.
Name

2019,2,2021,1,2022,2,2023,1,2024,1,AKM,1,alat ukur,1,antonim,1,archimedes,1,arus dan tegangan searah DC,6,Bahasa Indonesia,3,besaran dan satuan,1,contoh soal,3,dimensi,1,Dinamika gerak partikel hukum newton,7,dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar,11,doc,1,download,1,dualisme gelombang partikel,1,EHB,1,eksponen,1,elastisitas,4,elastisitas dan gerak harmonik sederhana,2,expression,1,fisika,5,fisika sma,1,fluida dinamis,2,fluida statis,2,gaya archimedes,1,gaya lorentz,3,gelombang bunyi,2,gelombang cahaya,1,GELOMBANG MEKANIK,5,gerak harmonik sederhana,3,gerak lurus,6,gerak melingkar,4,gerak parabola,2,gerak vertikal,1,GLB,4,GLBB,4,gmb,1,gmbb,1,hidrostatis,1,hubungan roda,1,hukum newton 1,1,hukum newton tentang gravitasi,2,induksi,3,induksi elektro magnetik,2,induksi magnetik,1,jangka sorong,1,jawaban,1,kalor,3,kapilaritas,1,katrol,1,kelas 10,33,kelas 11,32,kelas 12,22,kelas 1i,1,kelas XI,1,kinematika,2,kompetisi sains madrasah KSM 2018 fisika,3,konduksi,1,ksm fisika,7,ksm fisika mts,1,ksm ma 2019 fisika,1,kuantitatif,3,kurikulum merdeka,1,lapisan bumi,1,listrik dimanis,1,listrik dinamis,6,listrik statis,1,literasi,1,literasi numerik,1,MATEMATIKA,4,medan magnet,4,mikrometer,1,mikroskop,1,modul praktikum fisika SMA,11,momen inersia,1,momentum dan impuls,3,Momentum sudut,2,neraca,1,newton 2,1,newton 3,1,olimpiade,10,optik,12,osn,3,osn 2024,1,osn fisika,1,osp 2024,2,padanan kata,1,PAS,1,pascal,1,pdf,2,pemahaman bacaan dan menulis,1,pemanasan global,1,pembahasan osp 2024,1,pembahasan soal fisika,3,penalaran matematika,1,penalaran umum,1,pengetahuan dan pemahaman umum,1,pengukuran,2,pergeseran wien,1,persen,1,plank,1,poltekkes,1,proporsi,1,radiasi benda hitam,1,radioaktivitas inti atom,1,rangkaian pegas,2,rangkaian seri paralel,1,rangkuman materi dan contoh soal fisika,24,relativitas khusus,1,RLC,2,SBMPTN,20,sbmptn 2017,1,sbmptn 2018,1,semester 2,1,semester ganjil,1,SIMAK UI,2,sinonim,1,sma,1,SMP,2,SNBPTN,3,snbt,10,snbt 2025,4,soal,1,soal dan pembahasan,2,soal dan pembahasan SBMPTN 2018 tkd saintek fisika kode 402,2,soal dan pembahasan fisika,50,soal dan pembahasan fisika usbn 2018,3,soal dan pembahasan fisika UTBK 2019,1,soal dan pembahasan sbmptn,1,SOAL DAN PEMBAHASAN TRY OUT UN FISIKA,18,soal dan pembahasan un fisika 2018,4,soal dan pembahasan usbn 2019 fisika,5,soal osn 2023 fisika,1,SOAL OSP fisika 2024,1,soal TPS,13,spektrum atom hidrogen,1,tata surya,1,tegangan tali,2,teori atom,1,teori kinetik gas,2,teori kinetik gas dan termodinamika,1,termodinamika,2,titik berat,2,TO,1,torsi (momen gaya),4,tps,2,tumbukan,1,UMPTKIN,1,UN 2018/2019,1,un 2019,1,un fisika 2009 - 2019,1,un fisika 2019,4,UN SMA,28,usaha dan energi,2,usbn,13,usbn 2018,4,usbn 2019,1,USBN SMA,8,USP,1,usp bks 2020,3,utbk,42,UTBK 2019,2,utbk 2020 fisika,1,utbk 2023,1,utbk 2025,5,utbk fisika 2020,1,vektor,2,viskositas,1,
ltr
item
fsm blog fisika: Soal Asli Peahaman Bacaan dan Menulis – PBM UTBK SNBT 23 April 2025 (sesi 1)
Soal Asli Peahaman Bacaan dan Menulis – PBM UTBK SNBT 23 April 2025 (sesi 1)
soal asli Peahaman Bacaan dan Menulis – PBM UTBK SNBT 23 April 2025 (sesi 1)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9kjHI8520G24X5vWjYhMPrmNRvsvSb1epPtnsCCnU2LQ3rVWmYowqbyCjPiC_iXxlihaOMDNH_j1TTxG9tawvx4jxguAvD4rLb7BsWmwE1Owca9R-os62RshTnDQ8e-wQmNOs_BLyiySvM0Y-z75IHQySCMh9su-PRDdXe4NGYEgDljHm_2iudwqAiTA/s320/pbm%202025.PNG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9kjHI8520G24X5vWjYhMPrmNRvsvSb1epPtnsCCnU2LQ3rVWmYowqbyCjPiC_iXxlihaOMDNH_j1TTxG9tawvx4jxguAvD4rLb7BsWmwE1Owca9R-os62RshTnDQ8e-wQmNOs_BLyiySvM0Y-z75IHQySCMh9su-PRDdXe4NGYEgDljHm_2iudwqAiTA/s72-c/pbm%202025.PNG
fsm blog fisika
https://fisikasekolahmadrasah.blogspot.com/2025/07/penalaran-bacaan-dan-menulis-pbm-utbk.html
https://fisikasekolahmadrasah.blogspot.com/
https://fisikasekolahmadrasah.blogspot.com/
https://fisikasekolahmadrasah.blogspot.com/2025/07/penalaran-bacaan-dan-menulis-pbm-utbk.html
true
7086207489783607666
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy