Soal TPS UTBK pengetahuan dan pemahaman umum - fisika fsm blog pembahasan soal

Soal TPS UTBK pengetahuan dan pemahaman umum



TPS UTBK PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN UMUM

 

1.     Ternyata masih ada kisah menarik seputar revolusi. Apalagi, kalau kisah tersebut dipandang bukan dari sisi Indonesia, tetapi dari sisi Belanda, paling tidak seorang Belanda. Seperti yang tampak dari film Oereog (1992), karya sutradara Hans Hylkena berdasarkan novel Hella S Harsae, yang pernah beredar di beberapa kota besar di Jawa. Film ini merupakan hasil kerjasama produksi empat negara: Indonesia, Belanda, Jerman, dan Belgia.

”Adegan menarik pada bagian ini adalah saat mereka berdua hendak menonton film di bioskop dan harus terpisah tempat duduknya karena peraturan yang berlaku. Johan duduk di bagian kulit putih, sementara Oeroeg di bagian kulit berwarna, yang tempatnya di balik layar hingga gambar film ditonton secara terbalik”

Simpulan yang tepat dari paragraf tersebut adalah ... .

(A)   Johan dan Oeroeg duduk terpisah karena kursi mereka berbeda warna

(B)   Peraturan menonton di bioskop bagi kulit berwarna dibeda-bedakan

(C)   Film Oeroeg mengetengahkan perbe-daan perlakuan antara kulit putih dan kulit  hitam

(D)  Adegan menarik ditunjukkan dari perbedaan warna kursi duduk

(E)   Menonton film di balik layar menghasilkan gambar terbalik.

 

Bacaan untuk soal nomor 2 sd 5

Kisah para bandit dalam revolusi Indonesia ini seperti lembaran hitam dan tenggelam dalam keseluruhan cerita heroik tentang masa itu di beberapa daerah di Indonesia. Istilah bandit memiliki banyak sebutan untuk menyebutkan nama bagi mereka yang melakukan tindakan kriminal. Di masa revolusi, seperti ditunjukkan oleh Julianto, memang tidak semua pejuang adalah bandit atau tidak semua bandit adalah pejuang. Ada pejuang yang sungguh-sungguh berjuang atau bandit yang memang membandit selama masa revolusi ini.

 

Adapun yang menjadi latar belakang para bandit-bandit revolusi ini melakukan penggrayakan, penggedoran, penggarongan, dan penculikan adalah karena alasan politik, di samping juga ekonomi. Alasan politik dari aksi pemberontakan para bandit itu adalah penolakan terhadap kebijakan rasionalisasi pemerintahan Hatta dan kekecewaan mereka terhadap pembersihan orang-orang komunis setelah peristiwa Madiun 1948. Hal ini muncul karena adanya kebencian Hatta terhadap kaum komunis. Kebijakan yang memangkas sejumlah tentara memang telah menimbulkan kegoncangan di kalangan pejuang dan para laskar.

 

Sasaran dari kebijakan ini terutama adalah badan-badan perjuangan atau laskar-laskar yang tidak berdisiplin, pantang menyerah, dan tunduk begitu saja pada kebijakan ini. Para anggota badan perjuangan dan laskar-laskar inilah yang menjadi inti dari berbagai kelompok atau gerombolan benggol yang berada di sekiat Surakarta dan melakukan aksi-aksi penggedoran, penjarahan, dan pengeroyokan. Rasionalisasi telah memulangkan tentara ke masyarakat sebanyak 100.000 orang dari jumlah 463.000 tentara dan memberhentikan 80.000 tentara yang dianggap tidak profesional.

 

2.     Kalimat berikut yang termasuk fakta adalah ....

(A)   Alasan politik dari aksi pemberontakan para bandit itu adalah penolakan terhadap kebijakan rasionalisasi pemerintahan Hatta dan kekecewaan mereka terhadap pembersihan orang-orang komunis setelah peristiwa Madiun 1948.

(B)   Di masa revolusi, seperti ditunjukkan oleh Julianto, memang tidak semua pejuang adalah bandit atau tidak semua bandit adalah pejuang.

(C)   Kisah para bandit dalam revolusi Indonesia ini seperti lembaran hitam dan tenggelam dalam keseluruhan cerita heroik tentang masa itu di beberapa daerah di Indonesia

(D)  Para anggota badan perjuangan dan laskar-laskar inilah yang menjadi inti dari berbagai kelompok atau gerombolan benggol yang berada di sekiat Surakarta dan melakukan aksi-aksi penggedoran, penjarahan, dan pengeroyokan.

(E)   Rasionalisasi telah memulangkan tentara ke masyarakat sebanyak 100.000 orang dari jumlah 463.000 tentara dan memberhentikan 80.000 tentara yang dianggap tidak professional

 

3.     Penyebab munculnya konflik yang terdapat pada teks tersebut adalah ....

(A)   adanya kebencian Hatta terhadap kaum komunis

(B)   adanya kekecewaan para pejuang dan laskar revolusi karena kebijakan rasionalisasi dan pembersihan orang-orang yang berpaham komunis yang dilakukan pada masa pemerintahan Hatta

(C)   adanya ketidakdisiplinan yang dilakukan oleh para pejuang dan laskar revolusi

(D)  adanya tindakan penggrayakan, penggedoran, penggarongan, dan penculikan yang dilakukan oleh para pejuang dan laskar revolusi dan orang yang berpaham komunis sehingga meresahkan masyarakat

(E)   munculnya bandit-bandit revolusi yang melakukan penggrayakan, penggedoran, penggarongan, dan penculikan sehingga mengganggu masyarakat

 

4.     Pada teks di atas, kalimat yang tidak padu terdapat pada ....

(A)   Alasan politik dari aksi pemberontakan para bandit itu adalah penolakan terhadap kebijakan rasionalisasi pemerintahan Hatta dan kekecewaan mereka terhadap pembersihan orang-orang komunis setelah peristiwa Madiun 1948.

(B)   Di masa revolusi, seperti ditunjukkan oleh Julianto, memang tidak semua pejuang adalah bandit atau tidak semua bandit adalah pejuang.

(C)   Hal ini muncul karena adanya kebencian Hatta terhadap kaum komunis

(D)  Para anggota badan perjuangan dan laskar-laskar inilah yang menjadi inti dari berbagai kelompok atau gerombolan benggol yang berada di sekiat Surakarta dan melakukan aksi-aksi penggedoran, penjarahan, dan pengeroyokan

(E)   Rasionalisasi telah memulangkan tentara ke masyarakat sebanyak 100.000 orang dari jumlah 463.000 tentara dan memberhentikan 80.000 tentara yang dianggap tidak profesional.

 

5.     Rangkuman yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....

(A)   Pada masa revolusi Indonesia, para bandit revolusi memang tidak semua pejuang adalah bandit atau tidak semua bandit adalah pejuang. Adapun alasan dari aksi pemberontakan para bandit itu adalah penolakan terhadap kebijakan nasionalisasi dan pembersihan orang-orang kapitalis pada masa pemerintahan Hatta yang telah memulangkan tentara ke masyarakat sebanyak 100.000 orang dan memberhentikan 80.000 tentara yang dianggap tidak profesional.

(B)   Pada masa revolusi Indonesia, para bandit revolusi memang tidak semua pejuang adalah pejuang atau tidak semua bandit adalah bandit. Adapun alasan dari aksi pemberontakan para bandit itu adalah penolakan terhadap kebijakan rasionalisasi dan pembersihan orang-orang komunis pada masa pemerintahan Soekarno yang telah memulangkan tentara ke masyarakat sebanyak 100.000 orang dan memberhentikan 80.000 tentara yang dianggap tidak profesional.

(C)   Pada masa revolusi Indonesia, para bandit revolusi memang tidak semua pejuang adalah bandit atau tidak semua bandit adalah pejuang. Adapun alasan dari aksi pemberontakan para bandit itu adalah penolakan terhadap kebijakan rasionalisasi dan pembersihan orang-orang komunis pada masa pemerintahan Hatta yang telah memulangkan tentara ke masyarakat sebanyak 80.000 orang dan memberhentikan 50.000 tentara yang dianggap tidak profesional.

(D)  Pada masa revolusi Indonesia, para bandit revolusi memang tidak semua pejuang adalah bandit atau tidak semua bandit adalah pejuang. Adapun alasan dari aksi pemberontakan para bandit itu adalah penolakan terhadap kebijakan rasionalisasi dan pembersihan orang-orang komunis pada masa pemerintahan Hatta yang telah memulangkan tentara ke masyarakat sebanyak 100.000 orang dan memberhentikan 70.000 tentara yang dianggap kompeten.

(E)   Pada masa revolusi Indonesia, para bandit revolusi memang tidak semua pejuang adalah bandit atau tidak semua bandit adalah pejuang. Adapun alasan dari aksi pemberontakan para bandit itu adalah penolakan terhadap kebijakan rasionalisasi dan pembersihan orang-orang komunis pada masa pemerintahan Hatta yang telah memulangkan tentara ke masyarakat sebanyak 100.000 orang dan memberhentikan 80.000 tentara yang dianggap tidak profesional.

 

6.     Menulis merupakan ketrampilan yang paling sulit dikuasai. Dalam proses menulis, banyak proses pembelajaran yang harus diperhatikan; diantaranya adalah pembelajaran pemakaian ejaan sesuai kaidah bahasa yang dianut, pembelajaran pemakaian struktur bahasa yang benar, dan pembelajaran penggunaan diksi maupun frase yang mengungkapkan pikiran.

Dalam kutipan di atas, terdapat kesalahan tata tulis. Kesalahan yang dimaksud adalah sebagai berikut, KECUALI ... .

(A)   kesalahan penulisan diantaranya.

(B)   Kesalahan penggunaan tanda titik koma (;)

(C)   Kesalahan pemilihan kata maupun.

(D)  Kesalahan penggunaan kata koma(,) sebelum kata hubung dan.

(E)   Kesalahan penulisan kata ketrampilan.

 

7.     Kata-kata dalam kalimat di bawah ini sama bentuk dan ucapannya, tetapi berbeda maknanya, KECUALI ... .

(A)   Pak Dedi membawa dua pak rokok Jie Sam Su.

(B)   Anda harus mawas jika bertemu dengan mawas.

(C)   Setiap apel dia membawa buah apel.

(D)  Bibirnya berdarah ketika terantuk bibir sumur.

(E)   Massa mudah marah pada masa seperti ini.

 

8.     Kalimat berikut yang termasuk kalimat baku adalah ... .

(A)   Menurut Yulian bahwa pendidikan pada hakikatnya merupakan pondasi yang mendasari perilaku dan peradaban manusia.

(B)   Pihak penjual jasa tour pariwisata mengeluhkan, tingginya kenaikan BBM berpengaruh besar terhadap minat wisatawan ke Indonesia.

(C)   Menurut hasil pengamatan menunjukkan bahwa sampai saat ini wisata pantai masih diminati kaum muda.

(D)  Menurut pengamat sepakbola di Indonesia, para pemain asing tidak memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan sepakbola Indonesia.

(E)   Dengan banyaknya korban bencana alam telah menggugah nurani masyarakat untuk membantu sesama.

 

9.     Karena pentingnya peran kebiasaan membaca, sekolah seharusnya memiliki program yang secara sistematis bisa menumbuhkan kebiasaan membaca. Meskipun  keluarga berperan besar dalam menumbuhkan kebiasaan membaca, sekolah perlu secara terprogam menumbuhkan kebiasaan membaca siswanya. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa banyak sekali waktu yang dihabiskan oleh siswa di sekolah dan tidak semua siswa memiliki latar belakang keluarga yang memiliki budaya gemar membaca yang bisa menularkan kebiasaan tersebut

Inti paragraf di atas adalah … .

(A)   Sekolah perlu menumbuhkan kebiasaan membaca siswa.

(B)   Sekolah dan keluarga mendukung untuk menumbuhkan kebiasaan membaca para siswa.

(C)   Keluarga perlu mendukung untuk menumbuhkan kebiasaan membaca para siswa.

(D)  Siswa perlu ditumbuhkan kebiasaan membacanya.

(E)   Keluarga bersama sekolah diharapkan menumbuhkan kebiasaan membaca.

 

Bacaan untuk soal nomor 10 sd 13

Human memory, formerly believed to be rather inefficient,  is really more sophisticated than that of a computer. Researchers approaching the problem from variety of point of view have all concluded that there is a great deal more stored in our minds than has been generally supposed. Dr. Wilder Penfield, a Canadian neurosurgeon, proved that by stimulating their brains electrically, he could elicit the total recall of specific events in his subjects’ lives. Even dreams and other minor events supposedly forgotten for many years suddenly emerged in detail.

Although the physical basis for memory is not yet understood, on theory is that the fantastic capacity for storage in the brain in the result of an almost un limited combination of interconnections between brain cells, stimulated by patterns of activity. Repeated references to the same information support recall. Or, to say that another away, improved performance is the result of strengthening the chemical bonds in the memory.

 

10.  Compared with a computer, human memory is… .

(A)   less durable

(B)   more complex

(C)   comparable to computer

(D)  less dependable

(E)   more limited

 

11.  How did Penfield elicit dream and other minor events from the past?

(A)   By chemical stimulation

(B)   By repetition

(C)   By electricity stimulation

(D)  By surgery

(E)   By approaching it through different point of view

 

12.  According to the text, the capacity for storage in brain___ .

(A)   is not influenced by repetition

(B)   can be understood by examining the physiology

(C)   has a limited combination of relationship

(D)  is stimulated by patterns of activity

(E)   is understood as the memory basis

 

13.  From the text, we may conclude that ___ .

(A)   human memory is inefficient

(B)   different point of view are valuable

(C)   the physical basis of memory is clear

(D)  the mind has a much greater capacity for memory than was previously believed

(E)   recall in memory can only be stimulated through electric current

 

Bacaan untuk soal nomor 14 sd 15

Archeologists disagree as to exactly what constitutes a city. There have been many attempts at definition, but none has been entirely satisfactory. Nevertheless, archeologists have established a number of characteristics which mark the true urbanization. These characteristics include a permanent settlement, a specialization of skills and functions among the inhabitants, the development of a characteristic style of architecture, the construction of public buildings, and the reaching of a certain population size.   

 

14.  The main idea of this paragraph is that ___

(A)   none of the definitions of a city has been satisfactory.

(B)   archeologists have agreed as to what exactly constitutes a city.

(C)   a city must include permanence of settlement.

(D)  certain characteristics mark true urbanization.

(E)   an area must reach a certain size to become a city.

 

15.  Which of the following statements is the best conclusion of the paragraph?

(A)   These factors do not need to exist at the same time for a community to be regarded as urban.

(B)   However, the main characteristic of a city is the construction of public building

(C)   Therefore, it is difficult for archeologists to determine whether a discovered area was city.

(D)  To conclude, the definition of a city is based on which of the above characteristics an area has

(E)   Only by having all those characteristics cab an area be called a true city

 

Bacaan untuk soal nomor 16 sd 20

In the twentieth century people depend on unlimited energy to power their everyday lives. A wide range of energy-run devices and modern conveniences are taken for granted, and although it may seem that we will never be in danger of living without those conveniences, the fact is that many supplies of energy are dwindling rapidly. Scientists are constantly searching for new sources of power to keep modern society running. Whether future populations will continue to enjoy the benefits of abundant energy will depend on the success of this search.

Coal, oil and natural gas supply modern civilization with most of its power. However, not only they are supplies of these fuel limited, but they are a major source of pollution. If the energy demands of the future are to be met without seriously harming the environment, exiting alternative energy sources must be improved of further explored and developed. These include nuclear, water, solar, wind, and geothermal power, as well as energy from new, nonpolluting types of fuels. Each of these alternatives, however, has advantages and disadvantages.

Nuclear power plants efficiently produce large amounts of electricity without polluting the atmosphere, however, they are costly to build and maintain, and they pose the daunting problem of what to do with nuclear wastes. Hydroelectric power is inexpensive and environmentally safe, but impractical for communities located far from moving water. Harnessing energy from tides and waves has similar drawbacks. Solar power holds great promise for the future but methods of collecting and concentrating sunlight are as yet inefficient, as are methods of harnessing wind power.

Every source of energy has its disadvantages. One way to minimize them is to use less energy. Conservation efforts coupled with renewable energy resources, such as a combination of solar, water, wind and geothermal energy and alternative fuels, such as alcohol and hydrogen, will ensure supplies of clean, affordable energy for humanities future.

 

16.  From the passage, it can be inferred that to solve our energy problems ___ .

A.     a combination of conservation and invention will be needed

B.     scientists have found nuclear power which is unlimited all the time

C.     scientists will have to find one major source of non polluting energy

D.    scientists will have to find ways to increase our supplies of coal, oil, and gas

E.     we will have to stop using many of our modern conveniences

 

17.  It can be inferred from the passage that ___

A.     many alternative energy sources are environmentally hazardous

B.     most alternative energy sources have proven to be impractical

C.     nuclear power solves one problem while creating others

D.    solar and wind power are not promising for the future

E.     solar power can solve all the problems

 

18.  The passage above tells us that___ .

A.     modern society requires a minimum amount of energy to keep it running

B.     people use energy without giving great thought to where it is coming from

C.     the search of energy sources is mainly a problem for the future

D.    scientists are unwilling to search for new sources of power to keep modern society running

E.     scientists believe we will never have to go without our modern conveniences

 

19.  Which of the following can be inferred from the passage?

A.     Alternative sources of energy in this planet are very limited

B.     Demands for energy in the future are likely to decrease.

C.     Our present energy sources must be eliminated and replaced with alternative sources.

D.    The search for energy sources is not over.

E.     We have to start to search for alternative energy sources.

 

20.  Which of the following source of energy is the most promising?

A.     Coal, oil, and natural gas.

B.     The geothermal energy power plant.

C.     The hydroelectric power plant.

D.    The nuclear power plant.

E.     The solar power plant.

 

 

Kunci jawaban:

1.    C

2.    E

3.    B

4.    C

5.    E

6.    B

7.    A

8.    D

9.    A

10. A

11. C

12. D

13. D

14. D

15. D

16. A

17. A

18. C

19. E

20. E

 

0 Comments