soal TPS Kuantitatif UTBK


SUB TES : PENGETAHUAN KUANTITATIF

1. Penghasilan rata-rata untuk 6 orang adalah Rp 4.500,00. Jika masuk 1 orang, maka penghasilan rata-rata menjadi Rp 4.800,00. Penghasilan orang yang baru masuk adalah

(A)   Rp 6.200,00

(B)   Rp 6.400,00

(C)   Rp 6.600,00

(D)  Rp 6.800,00

(E)   Rp 7.000,00

Jawab:C

Penyelesaian/ pembahasan:

7 x 4800 = 6 x 4500 + p

33600 – 27000 = p

p = 6.600

 

2. Sebuah model pesawat mempunyai panjang 40 cm dan lebar 32 cm. Jika panjang sebenarnya 30 meter maka lebar pesawat sebenarnya adalah ….

(A)   21 meter

(B)   22 meter

(C)   23 meter

(D)  24 meter

(E)   25 meter

Jawab: D

Penyelesaian/ pembahasan:

 

Perbandingan / skala

40 cm : 30 m

40 cm : 3000 cm

4 : 300

1 : 75

 

Lebar:

32 x 75 = 2400 cm

= 24 meter

 

3. Jika x cm, 42 cm, 15cm adalah sisi-sisi siku-siku dan y adalah rusuk sebuah kubus yang mempunyai luas permukaan 726 cm2, maka .....

(A)  x > y

(B)  x < y

(C)  x = y

(D)  x ³ y

(E)   Hubungan x dan y tidak dapat ditentukan

Jawab: E

Hubungan x dan y tidak dapat ditentukan karena x tidak diketahui sebagai sisi tegak atau sisi miring

 

4.  Jika x = 1234 x 1232 – 12332 + 1 dan y = 3002 - 301 x 299 maka .....

(A)  x > y

(B)  x < y

(C)  x = y

(D)  x ³ y

(E)   Hubungan x dan y tidak dapat ditentukan

Jawab: B

Penyelesaian

x = 1234 x 1232 – 12332 + 1

x = (1232 + 2) x 1232 – 12332 + 1

x = 12322 + 2.132 – 13332 + 1

x = ganjil

 

y = 3002 - 301 x 299

y = 3002(209 + 3) x 299

y = 3002 – 2992 – 3.299

y = genap

 

maka, x < y

 

5.     Di toko Pelangi, 5 buah sepidol dan 3 buah lem berharga Rp.24.200,-. Sedangkan jika 2 buah sepidol dan 3 buah lem harganya Rp. 21.600,-. Jika x adalah harga sebuah sepidol dan y adalah harga  sebuah lem, maka .....

(A)  x > y

(B)  x < y

(C)  x = y

(D)  x ³ y

(E)   Hubungan x dan y tidak dapat ditentukan

Jawab: B

Penyelesaian/ pembahasan:

5x + 3y = 24200

2x + 3y = 21600

________________ -

3x = 2600

Selanjutnya silahkan disubstitusi dan di eliminasi untuk menentukan nilai x dan y

 

6.     Perhatikan gambar di bawah!


Daerah yang diarsir memenuhi operasi .....

(A)   (A – C) Ç (B – C)

(B)   (B È C) Ç (A È C)

(C)   C Ç (A Ç B)C

(D)  (A Ç B) - (A Ç B)

(E)   (C – B) Ç (C – A)

Jawab: C

 

7.     Jika |5 - |x|| > 3

(1)     x < -8

(2)     -2 < x < 2

(3)     x > 8

(4)     -4 < x < -2

 

Maka pernyataan di atas .....

(A)   (1), (2),dan (3) SAJA yang benar

(B)   (1) dan (3) SAJA yang benar

(C)   (2) dan (4) SAJA yang benar

(D)  HANYA (4) yang benar

(E)   SEMUA pilihan benar

Jawab: A

penyelesaian:

|5 - |x|| > 3

pernyataan (3) BENAR

Case 1: x >= 0

If x is positive or zero, then |x| = x. Substituting this into the inequality, we get:

|5 - x| > 3

To solve this inequality, we can split it into two inequalities, one for when 5 - x is positive, and one for when it is negative:

5 - x > 3 or 5 - x < -3

Solving each inequality separately, we get:

x < 2 or x > 8

So when x is positive or zero, the solutions are:

x < 2 or x > 8


pernyataan (1) dan (2) BENAR

Case 2: x < 0

If x is negative, then |x| = -x. Substituting this into the inequality, we get:

|5 + x| > 3

To solve this inequality, we can split it into two inequalities, one for when 5 + x is positive, and one for when it is negative:

5 + x > 3 or 5 + x < -3

Solving each inequality separately, we get:

x > -2 or x < -8

However, since we assumed x < 0 in this case, the only valid solution is:

x < -8

Therefore, the solutions to the inequality |5 - |x|| > 3 are:

x < -8 or x < 2 or x > 8

 

8.     a adalah bilangan ganjil dan b adalah bilangan genap.

Manakah dari keempat pernyataan berikut yang bernilai benar ?

(1)  3a2 - ab – a (genap)

(2)  3b2 – 2a2 + a (genap)

(3)  ab2 + ab + 3a (ganjil)

(4)  3a2b – 2a2 + 4a (ganjil)

 

A.    (1), (2),dan (3) SAJA yang benar

B.    (1) dan (3) SAJA yang benar

C.    (2) dan (4) SAJA yang benar

D.    HANYA (4) yang benar

E.    SEMUA pilihan benar

Penyelesaian/ pembahasan:

(1)   genap + genap + genap = genap

(2)   genap +  ganjil + ganjil = bisa ganjil bisa genap tergantung nilai a dan b

(3)   ganjil + ganjil  + ganjil = ganjil

(4)   genap + ganjil + ganjil = bisa ganjil bisa genap tergantung nilai a dan b

 

9.     Jika -5< x – 3 < 2 dan 1 < y + 1 <-3, maka nilai x + y yang mungkin adalah .....

(1)   -1

(2)    -1/2 

(3)  1/2

(4)   1

A.   (1), (2),dan (3) SAJA yang benar

B.   (1) dan (3) SAJA yang benar

C.   (2) dan (4) SAJA yang benar

D.   HANYA (4) yang benar

E.   SEMUA pilihan benar

jawab:

Penyelesaian/ pemahaman:

-5< x – 3 < 2

-2< x < 5

 

1 < y + 1 <-3

0 < y < -4


Ditanya

x + y = ......

nilai yang tidak mungkin 

x = 5 dan y = -4

x + y = 5 - 4 = 1

serta,

x = -2 dan y = 0

x + y = -2 + 0 = -2


jadi, semua kemungkinan 1, 2, 3 benar karena antara  -2 dan 1

 

10.  

P

Q

| x - 1|

2

A.     P > Q

B.     Q > P

C.     P = Q

D.    Informasi yang diberikan tidak cukup untuk memutuskan salah satu dari tiga  pilihan di atas

jawab:

penyelesaian/ pembahasan:

x+1= x2  – x

x2 -2x -1 = 0

x = 1 + √2

atau

x = 1 -  √2

P = | x - 1| = √2

 

11.   x2 - y2 = 20

x - y = 2 


P

Q

x + y

10


A.     P > Q

B.     Q > P

C.     P = Q

D.    Informasi yang diberikan tidak cukup untuk memutuskan salah satu dari tiga  pilihan di atas

jawab:

penyelesaian/ pembahasan:

x2 + y2 = 20

(x + y)  (x - y) = 20

(x + y) . 2 = 20

x + y = 10

 

12.  Jika


(1)      30 persen dari pekerjaan di Podongaleh Grup memiliki 5 atau lebih tenaga ahli yang ditugaskan untuk setiap pekerjaan.

(2)      40 persen dari pekerjaan di Podongaleh Grup memiliki 3 atau kurang tenaga ahli yang  ditugaskan untuk setiap pekerjaan.


Maka median dari tenaga ahli yang ditugaskan per pekerjaan di Podongaleh Grup adalah .....

Putuskan apakah pernyataan (1) dan (2) tersebut cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut.

(A)   Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menja-wab pertanyaan, tetapi pernyataan (2) SAJA tidak cukup

(B)   Pernyataan (2) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi per-nyataan (1) SAJA tidak cukup

(C)   DUA pernyataan BERSAMA-SAMA  cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU pernyataan SAJA cukup

(D)  Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan dan pernyataan (2) SAJA cukup

(E)   Pernyataan (1) dan pernyataan (2) tidak cukup untuk menjawab pertanyaan.

jawab:

penyelesaian dan pembahasan soal:

median adalah nilai tengah

.

13.  Jika a dan b adalah bilangan bulat positif dan ab < 8,maka nilai dari b .....

(1)    a = 2

(2)    0 < ab < 1

Putuskan apakah pernyataan (1) dan (2) tersebut cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut.

(A)   Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernya-taan (2) SAJA tidak cukup

(B)   Pernyataan (2) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernya-taan (1) SAJA tidak cukup

(C)   DUA pernyataan BERSAMA-SAMA  cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU pernyataan SAJA cukup

(D)  Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan dan pernyataan (2) SAJA cukup

(E)   Pernyataan (1) dan pernyataan (2) tidak cukup untuk menjawab pertanyaan.

jawab:

pembahasan dan penyelesaian:

(1) a = 2

ab < 8 

b < 4

(2)    0 < ab < 1

dengan memasukkan ab < 8 ke persamaan  (2) langsung dapat diketahui nilai b

14.  Pada  segitiga di bawah, perbandingan panjang RS dan PQ adalah 3 : 5, maka panjang PS .....

x

(1)     PR ^ QR

(2)     QS = 9

 Putuskan apakah pernyataan (1) dan (2) tersebut cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut.

(A)   Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernya-taan (2) SAJA tidak cukup

(B)   Pernyataan (2) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi per-nyataan (1) SAJA tidak cukup

(C)   DUA pernyataan BERSAMA-SAMA  cukup untuk menjawab pertanya-an,tetapi SATU pernyataan SAJA cukup

(D)  Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan dan pernyataan (2) SAJA cukup

(E)   Pernyataan (1) dan pernyataan (2) tidak cukup untuk menjawab pertanyaan.

jawab: 

penyelesaian soal:

RS dan PQ adalah 3 : 5, maka panjang PS ....

(1)     PR ^ QR

dengan RS dan PQ adalah 3 : 5 dan rumus phytagoras PR , QR dan PQ dapat diketahui nilai PS

(2)     QS = 9

dengan memasukan RS dan PQ adalah 3 : 5, dan phytagoras PS, PQ dan SQ dapat diketahui nilai PS


15.  Jika (x,y) adalah koordinat suatu titikpada bidang xy, Benarkah 2x + 3y ³ 6 ?

(1)   2x > y.

(2)   x +2y > 5.

A.     Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (2) SAJA tidak cukup.

B.     Pernyataan (2) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (1) SAJA tidak cukup.

C.     DUA pernyataan BERSAMA-SAMA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU pernyataan SAJA tidak cukup.

D.    Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan dan pernyataan (2) SAJA tidak cukup.

E.     Pernyataan (1) dan pernyataan (2) tidak cukup untuk menjawab pertanyaan.

jawab:

penyelesaian:

- Dengan cara Eliminiasi DUA pernyataan BERSAMA-SAMA dapat menentukan kebenaran pernyataan soal

- pernyatan (1)  tidak dapat membuktikan kebenaran soal

pernyatan (2) tidak dapat membuktikan kebenaran soal

COMMENTS

Name

2019,2,2021,1,2022,2,2023,1,2024,1,2025,1,AKM,1,alat ukur,1,antonim,1,archimedes,1,arus dan tegangan searah DC,6,Bahasa Indonesia,3,besaran dan satuan,1,contoh soal,3,dimensi,1,Dinamika gerak partikel hukum newton,7,dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar,11,doc,1,download,1,dualisme gelombang partikel,1,EHB,1,eksponen,1,elastisitas,4,elastisitas dan gerak harmonik sederhana,2,expression,1,fisika,5,fisika sma,1,fluida dinamis,2,fluida statis,2,gaya archimedes,1,gaya lorentz,3,gelombang bunyi,2,gelombang cahaya,1,GELOMBANG MEKANIK,5,gerak harmonik sederhana,3,gerak lurus,6,gerak melingkar,4,gerak parabola,2,gerak vertikal,1,GLB,4,GLBB,4,gmb,1,gmbb,1,hidrostatis,1,hubungan roda,1,hukum newton 1,1,hukum newton tentang gravitasi,2,induksi,3,induksi elektro magnetik,2,induksi magnetik,1,jangka sorong,1,jawaban,1,kalor,3,kapilaritas,1,katrol,1,kelas 10,33,kelas 11,32,kelas 12,22,kelas 1i,1,kelas XI,1,kinematika,2,kompetisi sains madrasah KSM 2018 fisika,3,konduksi,1,ksm fisika,7,ksm fisika mts,1,ksm ma 2019 fisika,1,kuantitatif,3,kurikulum merdeka,1,lapisan bumi,1,listrik dimanis,1,listrik dinamis,6,listrik statis,1,literasi,1,literasi numerik,1,MATEMATIKA,4,medan magnet,4,mikrometer,1,mikroskop,1,modul praktikum fisika SMA,11,momen inersia,1,momentum dan impuls,3,Momentum sudut,2,neraca,1,newton 2,1,newton 3,1,olimpiade,10,optik,12,osn,3,osn 2024,1,osn fisika,1,osp 2024,2,padanan kata,1,PAS,1,pascal,1,pdf,2,pemahaman bacaan dan menulis,1,pemanasan global,1,pembahasan osp 2024,1,pembahasan soal fisika,3,penalaran matematika,1,penalaran umum,1,pengetahuan dan pemahaman umum,1,pengukuran,2,pergeseran wien,1,persen,1,plank,1,poltekkes,1,proporsi,1,radiasi benda hitam,1,radioaktivitas inti atom,1,rangkaian pegas,2,rangkaian seri paralel,1,rangkuman materi dan contoh soal fisika,24,relativitas khusus,1,RLC,2,SBMPTN,20,sbmptn 2017,1,sbmptn 2018,1,semester 2,1,semester ganjil,1,SIMAK UI,2,sinonim,1,sma,1,SMP,2,SNBPTN,3,snbt,6,soal,1,soal dan pembahasan,2,soal dan pembahasan SBMPTN 2018 tkd saintek fisika kode 402,2,soal dan pembahasan fisika,50,soal dan pembahasan fisika usbn 2018,3,soal dan pembahasan fisika UTBK 2019,1,soal dan pembahasan sbmptn,1,SOAL DAN PEMBAHASAN TRY OUT UN FISIKA,18,soal dan pembahasan un fisika 2018,4,soal dan pembahasan usbn 2019 fisika,5,soal osn 2023 fisika,1,SOAL OSP fisika 2024,1,soal TPS,13,spektrum atom hidrogen,1,tata surya,1,tegangan tali,2,teori atom,1,teori kinetik gas,2,teori kinetik gas dan termodinamika,1,termodinamika,2,titik berat,2,TO,1,torsi (momen gaya),4,tps,2,tumbukan,1,UMPTKIN,1,UN 2018/2019,1,un 2019,1,un fisika 2009 - 2019,1,un fisika 2019,4,UN SMA,28,usaha dan energi,2,usbn,13,usbn 2018,4,usbn 2019,1,USBN SMA,8,USP,1,usp bks 2020,3,utbk,38,UTBK 2019,2,utbk 2020 fisika,1,utbk 2023,1,utbk fisika 2020,1,vektor,2,viskositas,1,
ltr
item
fsm blog fisika: soal TPS Kuantitatif UTBK
soal TPS Kuantitatif UTBK
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhtjMK5tEa01gUWK2QEEjHMOXNnzYNFeUn6UAdXRqwHD0qWqpVqR8QAcf36PUbsSrhFQYEqLoxi5AWRWLqm8MocQ1dUFn39a-bjlpEP7f_JdvzJXlZbtkJQMzkhuVoEiXrNuWHa_Cnp90bI0dRL0K1xCiqtJ9zMS9M0GT1iv9Yf7Ed0qJnzFEuJXuJ19A/s320/tps%20kuantitatif.PNG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhtjMK5tEa01gUWK2QEEjHMOXNnzYNFeUn6UAdXRqwHD0qWqpVqR8QAcf36PUbsSrhFQYEqLoxi5AWRWLqm8MocQ1dUFn39a-bjlpEP7f_JdvzJXlZbtkJQMzkhuVoEiXrNuWHa_Cnp90bI0dRL0K1xCiqtJ9zMS9M0GT1iv9Yf7Ed0qJnzFEuJXuJ19A/s72-c/tps%20kuantitatif.PNG
fsm blog fisika
https://fisikasekolahmadrasah.blogspot.com/2023/03/soal-tps-kuantitatif-utbk.html
https://fisikasekolahmadrasah.blogspot.com/
https://fisikasekolahmadrasah.blogspot.com/
https://fisikasekolahmadrasah.blogspot.com/2023/03/soal-tps-kuantitatif-utbk.html
true
7086207489783607666
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy