PEMBAHASAN SOAL USBN 2019 FISIKA (PART 2) - fisika fsm blog pembahasan soal

PEMBAHASAN SOAL USBN 2019 FISIKA (PART 2)

11. Sebuah peluru meriam ditembakkan dengan kecepatan awal 60 m/s dan sudut elevasi 53o.  ( g = 10 m/s²), maka posisi peluru meriam tersebut saat detik ke-1 adalah .... 
A. sb - x = 36 m, sb- y = 64 m      
B. sb - x = 64 m, sb - y = 43 m      
C. sb - x = 36 m, sb - y = 43 m      
D. sb - x = 32 m, sb - y = 32 m     
E. sb - x = 43 m, sb - y = 36 m       

Kunci jawaban : C
penyelesaian / pembahasan :
x = vo.cos α . t = 60 . 0,6 . 1 = 36 m

y = vo. sin α . t – ½ .g . t2
y = 60. 0,8 . 1 – ½ . 10 . 1
y = 48 - 5 = 43

12. Perhatikan tabel berikut!

Pada tabel tersebut disajikan massa (M) planet, rerata jari-jari planet (r), jarak orbit terhadap matahari (R), dan periode revolusi terhadap matahari (T). Semua data dibandingkan terhadap bumi.

Dari data tersebut dapat disimpulkan ….

(1)        percepatan gravitasi gbumi > gmars

(2)        percepatan gravitasi gmars < gmercurius

(3)        Kecepatan orbit  mercurius > kecepatan orbit bumi

(4)        Kecepatan orbit  mercurius < kecepatan orbit venus

Pernyataan yang tepat adalah ….      

A. (1), (2), (3)        B. (1), (3)                            C. (2), (4)        
D. (4)                     E.  (1), (2), (3), dan (4)       
kunci jawaban: B
penyelesaian / pembahasan:
rumus percepatan gravitasi

G . M
g  =
______

r2
jadi g berbanding lurus dengan m dan berbanding terbalik dengan r ². dari perkiraan besarnya g dapat kita hitung:
merkurius:
g = 0,05 / 0,38² = 0,346
venus
g = 0,82 / 0,95² = 0,9
bumi
g = 1
mars
g = 0,11 / 0,53² = 0,391
jadi urutan g dari yang terbesar:
Bumi > venus > mars > merkurius

Rumus kecepatan orbit kita anggap kelajuan linier adalah tetap (GLB), sehingga dapat kita cari dengan rumus

v = s / t

jadi, v berbanding terbalik dengan T (periode revolusi)
sehingga urutannya:
mars < bumi < venus < merkurius

13. Perhatikan gambar berikut!



Pada semua roda - roda bekerja dua buah gaya yang arahnya tegak lurus terhadap jari-jari dengan poros di pusat roda, sehingga menimbulkan momen gaya / torsi. Roda yang memiliki besar  nilai torsi / momen gaya dan beserta arah putar roda yang sama adalah terdapat pada gambar ....     

A. (1) dan (2)       B. (1) dan (3)       C. (1) dan (4)      
D. (2) dan (3)       E. (3) dan (4)      kunci jawaban C


14. Pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait dengan cirri-ciri gelombang:
(1)        dipantulkan
(2)        dibiaskan
(3)        dipolarisasikan
(4)        berinterferensi
(5)        bertumbukan
Pernyataan yang sesuai untuk gelombang bunyi adalah ....  
A. (1), (2), dan (3)            B. (1), (2), dan (4)            C. (1), (4), dan (5)            

D. (2), (3), dan (5)            (E. 2), (4), dan (5)            kunci jawaban : B
penyelesaian / pembahasan:
gelombang bunyi adalah gelombang longitudinal dan mekanik, sehingga hanya memenuhi untuk no. 1, 2 dan 4

15. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:

(1)        Pengamatan dengan mata berakomodasi maksimum.

(2)        Bayangan akhir maya terbalik diperbesar.

(3)        Benda berada pada fokus objektif.

(4)        Bayangan objektif jatuh di fokus okuler.

dari pernyataan diatas yang termasuk cara penggunaan mikroskop yang lazim dan benar adalah....
A. 1 dan 2        B. 1 dan 3          C. 1 dan 4 
D. 2 dan 3        E. 2 dan 4           kunci jawaban : A
penyelesaian / pembahasan:
cukup jelas


16. Sebuah garputala mengeluarkan gelombang bunyi berfrekuensi sebesar 680 Hz digetarkan dan diletakkan diatas tabung percobaan resonansi yang untuk mengatur ketinggian kolom udaranya tabung diisi air sesuai kebutuhan seperti gambar.

Saat panjang kolom udara h terjadi resonansi bunyi ke-2 (nada atas ke-1). Kecepatan rambat bunyi di udara saat itu 340 m.s-1. Berapakah nilai  h?     
A. 12,5 cm.          B. 25,0 cm.          C. 37,5 cm.          D. 50,0 cm.          E. 62,5 cm.          
kunci jawaban : C

PENYELESAIAN /  PEMBAHASAN:




(2n + 1). v
fn
=
_________


4L

f₁ . 4L = (2n + 1) . v

680 . 4h = (2.1 + 1) . 340
.
h = 3/8 = 0,375 m = 3


17. Intensitas bunyi di titik A yang berjarak 1 meter dari sumber bunyi adalah10^-7 Wm^-2. Titik B berjarak 100 m dari sumber bunyi. Jika intensitas ambang 10^-12 Wm^-2, perbandingan taraf intensitas di A dan B adalah ....         
A. 5 : 3     B. 5 : 1     C. 4 : 5     D. 4 : 3     E. 3 : 1     kunci jawaban : B

penyelesaian / pembahasan:

TI = 10 . Log [ I/Io ] = 10 . log [10 -7 / 10 -12]
TI = 10 . Log 10 = 50 dB

18. pada percobaan Young, d adalah jarak antarcelah, P₂  adalah jarak garis terang orde 2 dari terang pusat sebesar 4 mm. Jika panjang gelombang yang digunakan adalah 400 nm (1 nm = 10-9 m), maka jarak antar celah adalah ....           
A. 1,6 x 10-1 m  B. 1,6 x 10-2 m  C. 2,0 x 10-4 m  
D. 1,6 x 10-3 m  E. 2,0 x 10-3 m  kunci jawaban : C
penyelesaian / pembahasan:



 d.P


____
=
n . λ
 L



d . P = n . λ . L
d. 4 . 10-3  = 2 .400.10-9 . 1
d = 200. 10-6 = 2 . 10-4 m    


19. Seorang yang berpenglihatan dekat tidak dapat melihat dengan jelas benda yang berjarak lebih jauh dari 60 cm dari matanya. Berapakah kuat lensa kacamata yang dibutuhkan agar ia dapat melihat dengan jelas ....           
A. -2/3 dioptri      B. -1 2/3 dioptri  C.  -1 3/2 dioptri   D. 2 2/3 dioptri    E. 2 3/2 dioptri    
kunci jawaban B
penyelesaian / pembahasan:

P = 4 - [100/pp]
P = 4 - [100/60] = 4 - [4/3] = 8/3 = 2 2/3

20. Perhatikan tabel data eksperimen periode beberapa pegas berikut!


Jika massa beban pada eksperimen tersebut 200 gram, konstanta pegas terbesar diperoleh pada pegas ....


A. P          B. Q         C. R         D. S          E. T          kunci jawaban : C
 penyelesaian / pembahasan:

k = 𝛚² . m 
k = [ 4𝞹² / T² ] . m 

konstanta pegas berbanding terbalik dengan T² sehingga yang terbesar adalah R karena T² nya terkecil


baca selengkapnya >>>>>
pembahasan soal usbn 2019 fisika part 1  no. 1 - 10
pembahasan soal usbn 2019 fisika part 2  no. 11 - 20
pembahasan soal usbn 2019 fisika part 3  no. 21 - 30
pembahasan soal usbn 2019 fisika part 4  no. 31 - 35
pembahasan soal usbn 2019 fisika part 5  no. 36 - 40
penulis: fisika sekolah madrasah, fisikasekolahmadrasah blog

0 Comments